4 Alasan Mengapa Generasi Millennial Harus Ikut Memilih

Tak semua Millennials apatis terhadap politik

Pilkada Jakarta 2017 Putaran kedua akan berlangsung Rabu 19 April 2017. Sebagian pemilih adalah para orang-orang muda, bahkan terdapat pemilih baru yang saat putaran pertama belum bisa memilih karena batasan umur, saat ini sudah bisa berpartisipasi. Ini alasan mengapa kamu akan dianggap keren kalo kamu menggunakan hak pilihmu.

1. Menandakan kedewasaan berfikir dan bersikap.

Salah satu tanda kedewasaan adalah bisa berfikir dan bersikap sesuai apa yang dianggapnya benar. Dalam Pilkada ini terdapat 2 pasang calon yang bertarung. Nah, dengan memilih salah satu calon tentunya harus memiliki alasan yang kuat mengapa memilih calon tersebut. Di sinilah diperlukan cara berfikir, analisa dan bersikap atas semua informasi yang didapat. Kamu pasti akan dianggap keren akalu bisa mengasih alasan mengapa memilih salah satu kandidat. Kalau kamu bisa menjelaskan apa programnya,mana yang masuk akal mana yang cuma retorika belaka, tentunya kamu sudah dalam tahap pendewasaan dalam berfikir.

2. Partisipasi dalam menentukan arah bangsa.

Memilih pemimpin untuk 5 tahun ke depan adalah hal yang sangat penting. Kalau sampai salah memilih jadi apa bangsa ini. Maka, satu suara sangat menentukan arah suatu pemerintahan. Nah kamu harus ikut didalamnya. Tidak bisa lagi berkata. Khan Cuma satu suara?. Kalau semua berfikir begitu ya bakalan kacau semuanya. Pemimpin buruk muncul bukan karena tidak ada pemimpin yang baik. Tetapi tidak ada yang mau untuk sekedar datang memilih pemimpin yang baik. Jadi ingat bawa satu suara dihitung dan sangat besar manfaatnya.

3. Belajar bertanggungjawab sebagai warga negara.

Mungkin pilihan kita nantinya akan kalah atau bisa juga menang. Nah di sinilah kita harus memiliki rasa tanggung jawab. Kalau pilihan kita menang, kita wajib menjaga dan juga mengkritisi apabila saat menjadi pemimpin ternyata jauh dari apa yang dibilang saat kampanye. Dan apabila kalah kita juga tidak boleh anarkis. Harus bisa menerima, serta juga ikut mengkritisi jalannya pemerintahan. Sikap bertanggung jawab juga tercermin bahwa kita sudah diberikan hak pilih oleh negara, dengan segala prosedur kita berhak memilih. Dan itu tidak gratis. Maka, sebagai warga negara yang baik maka sudah menjadi tanggung jawab untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut serta memastikan berjalan dengan tertip dan lancar.

 

4. Menghapus stigma buruk bahwa generasi Millennial abai terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Generesi Millennial sering dianggap generasi yang cuek bebek. Yang taunya main gadget, main game, ke mall, nongkrong, pokoknya jauh dari kesan baik. Paham mengenai politik apalagi. Mereka dicap tidak tahu apa-apa tentang politik, karena asik dengan dunia mereka sendiri. Nah dengan ikut perpartisipasi di dalam Pilkada ini, diharapkan stigma negative tersebut akan hilang. Tunjukan bahwa generasi milenial adalah generasi yang juga ikut serta dalam menentukan nasib bangsa. Bahwa generasi millenial tidak abai terhadap isu-isu politik terkini.

 

leonardi Photo Writer leonardi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya