Inilah Profil Zaadit, Mahasiswa UI Pemberi Kartu Kuning Jokowi

Zaadit memang terkenal aktif di organisasi kampus

Nama Zaadit Taqwa mendadak tenar, Jumat (2/2/2018). Ya, Ketua BEM UI tahun 2018 ini menjadi sorotan setelah mengacungkan kartu kuning pada Presiden Joko Widodo saat acara Dies Natalies ke-68 di Balairung UI, Depok.

Kala itu yang diacungkan Zaadit sebenarnya buku berwarna kuning. Sehingga Zaadit terlihat bak wasit di pertandingan sepak bola yang memberikan kartu kuning. Kondisi itu membuat Paspampres mengambil tindakan.

Paspampres menghalau dan menggiring Zaadit ke luar ruangan. Ia kemudian diserahkan pada pihak keamanan kampus. Lalu siapa sih sebenarnya Zaadit Taqwa ini?

1. Foto ini diambil tidak lama setelah Zaadit menjabat sebagai Ketua BEM UI 2018

Inilah Profil Zaadit, Mahasiswa UI Pemberi Kartu Kuning Jokowiinstagram/etoidmand

Dilihat dari profil Facebook dan Instagramnya, Zaadit memiliki nama lengkap M Zaadit Taqwa berasal dan tinggal di Depok. Ia merupakan lulusan SDIT Ummul Quro Depok, MTsN 4 Jakarta dan SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah. Ia merupakan mahasiswa prodi Fisika FMIPA angkatan 2014.

Zaadit tergolong aktif di organisasi kampus. Ia sempat menjadi Ketua HMD Fisika UI 2016 dan menjabat sebagai Ketua BEM FMIPA UI 2017. Karier organisasinya terus menanjak dan menjabat sebagai Ketua BEM UI tahun 2018.

2. Di kampus, Zaadit akrab dengan panggilan Babeh

Inilah Profil Zaadit, Mahasiswa UI Pemberi Kartu Kuning Jokowiinstagram/zaadit

Bukan hanya itu, Zaadit terkenal dengan panggilan Babeh di kalangan teman-temannya. Zaadit pernah menjadi perwakilan FMIPA di kompetisi UI Quran Olimpiade bidang Musabaqah Tilawatil Quran di tahun 2016. Ia adalah penerima beasiswa Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta. Di akun Facebooknya, Zaadit hobi bermain basket dan mengidolakan vokalis Maroon 5, Adam Levine.

3. Di akun Facebook miliknya, Zaadit menulis basket sebagai olahraga favorit

Inilah Profil Zaadit, Mahasiswa UI Pemberi Kartu Kuning Jokowiinstagram/zaadit

"Babeh belum lama gue kenal secara personal, mungkin baru awal semester ini sejak gue jadi pelatih orasi untuk beberapa panitia PSAF MIPA. Orangnya asik, merakyat juga, dia disayang banget sama adek-adeknya di MIPA," tulis rekan Zaadit, @muhammad.jati dalam sebuah postingan dengan foto Zaadit dan beberapa rekannya.

4. Tidak lama setelah aksi mengacungkan 'kartu kuning' pada Presiden Joko Widodo, akun @hypnoticade memposting gambar dengan tulisan #bebaskanzaadit

Inilah Profil Zaadit, Mahasiswa UI Pemberi Kartu Kuning Jokowiinstagram

Setelah aksi Zaadit yang mengacungkan 'kartu kuning' pada Presiden Jokowi, pengguna Instagram @hypnoticade men-tag gambar dengan tagar #bebaskanzaadit ke Instagram Zaadit, dan @uizamannow. "Semangat dik. Katakan benar kalo itu benar #bebaskanzaadt #zaadittaqwa," tulis akun Instagram itu.

Dikutip dari Kompas.com, Zaadit sengaja mengacungkan 'kartu kuning' pada Presiden Joko Widodo sebagai bentuk peringatan atas berbagai masalah yang terjadi di dalam negeri. Di tahun keempat pemerintahan Jokowi ada sejumlah hal yang menjadi sorotan BEM UI.

Masalah itu adalah gizi buruk di Asmat, isu penghidupan kembali dwifungsi Polri/TNI dan penerapan aturan baru organisasi mahasiswa.

5. Begini aksi Zaadit mengacungkan 'kartu kuning' pada Presiden Joko Widodo

https://www.youtube.com/embed/Jn_SAfryodc

Sementara, aksi yang dilakukan Zaadit ini membuat pertemuan antara BEM UI dan Presiden Joko Widodo batal. Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi Saptopribowo mengatakan, awalnya Presiden Jokowi dijadwalkan menerima Ketua BEM UI setelah menghadiri acara Dies Natalis ke-68 UI di Balairiung, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018).

Namun karena aksi Zaadit, Johan memastikan pertemuan Presiden Jokowi dengan BEM UI dibatalkan.

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya