Selangkah Lagi Menuju Kehidupan Masa Depan

Sebagai langkah menuju negara maju

Kehebohan pembangunan Meikarta yang disebut-sebut sebagai pusat ekonomi baru, ternyata tak hanya ramai dibicarakan di Indonesia. Pasalnya, media internasionbal seperti Nasdaq, Reuters UK, dan Dow Jones pun ikut menyoroti pemberitaan mengenai kota masa depan ini.  Media-media international tersebut melihat bahwa Meikarta bisa meredakan tekanan yang dihadapi Jakarta akibat kepadatan penduduk dan tingginya konsentrasi penanaman modal asing maupun domestik. 


Semua itu sebenarnya telah diperhitungkan oleh Lippo Group, yang telah 67 tahun malang-melintang di bidang properti. Meikarta, bagi Lippo yang kini merupakan perusahaan properti terbesar di Indonesia, adalah sebuah langkah lanjutan dari rangkaian pengalamannya membangun kota mandiri.

Selangkah Lagi Menuju Kehidupan Masa DepanDoc. MeikartaMelihat kesuskesan Lippo Village Karawaci, Meikarta diproyeksikan akan memiliki sejumlah fasilitas yang sama dengan pendahulunya tersebut. Sebut saja  fasilitas pendidikan dari pra sekolah sampai unversitas, rumah sakit, pusat perdagangan kuliner, hotel, tempat rekreasi, Serta Industrial Research Center. 
Mengingat lokasinya di daerah yang sedang berkembang pesat di bidang industri manufaktur, Meikarta juga desain untuk tumbuh sebagai sebuah pusat perekonomian modern yang efisien. Sebuah perekonomian berbasis industri dan perdagangan nasional maupun internasional.  Ketika saatnya tiba, keberadaan Meikarta diperkirakan akan mendorong tumbuhnya  4 ribu perusahaan internasional dan 10 ribu dalam negeri. Secara keseluruham jumlah tenaga kerja yang diserap  bisa mencapai 2 juta pekerja. 
Selangkah Lagi Menuju Kehidupan Masa DepanDoc. Meikarta

Maka tak berlebihan bila Meikarta bisa mengurangi ketegangan sosial di Jakarta bahkan Indonesia sebagai akibat dari tingginya angka pengangguran. Bayangkan, kehadiran pendatang baru di dunia kerja bisa mencapa 3,9 juta per tahun. Kini jalan untuk merealisasikan Meikarta sebagai sebuah pusat pemukiman dan pertumbuhan ekonomi bertaraf internasional l kian terbentang. Penyebabnya adalah keseriusan pemerintah membangun  infrastuktur yang akan membuat kehidupan di Meikarta dan 6 kawasan industri di sekitarnya bergairah. 

Pembangunan Infrastuktur yang sedang dikebut oleh pemerintah adalah pelabuhan laut dalam Patimban, bandara internasional Kertajati, jal tol layang Jakarta-Cikampek,  LRT Bekasi Timur-Semanggi, dan kereta cepat Jakata-Bandung. Maka tak berlebihan bisa ada yang mengatakan bahwa Indonesia tinggal selangkah lagi memiliki sebuah kota madiri yang bermanfaat besar untuk menekan defisit pasok perumahan dan angka pengangguran, yang bisa diandalkan untuk meningkatkan daya saing ekonomi menghadapi persaingan global yang kian ketat. 
 

Topik:

Berita Terkini Lainnya