Beberapa Daerah Ini Juga Dipertimbangkan Sebagai Ibu Kota Baru

Cocoknya ke mana ya?

DKI Jakarta sebagai Ibu kota negara memang menjadi magnet yang sangat kuat bagi orang dari luar daerah untuk mencoba peruntungan. Kondisi ini membuat ibu kota selalu mengalami permasalahan rumit seperti ledakan penduduk dan kemacetan.

Semua permasalahan ini tentu mengurangi keindahan Jakarta sebagai ibu kota. Berangkat dari situasi tersebut, pemerintah kemudian mewacanakan perpindahan ibu kota. Rencana ini sedang dikebut. Salah satu kota yang digadang-gadang menjadi pengganti Jakarta sebagai ibu kota adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Selain Palangkaraya, pemerintah juga sempat mewacanakan beberapa pilihan lokasi untuk dijadikan sebagai ibu kota. Berikut beberapa di antaranya.

1. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Beberapa Daerah Ini Juga Dipertimbangkan Sebagai Ibu Kota Barupeta-kota.blogspot.co.id

Kota Banjarmasin masuk menjadi pilihan karena terletak lebih ke tengah negara dan memiliki akses lebih baik ke pesisir Laut Jawa. Kota ini juga memiliki Infrastruktur yang lebih baik dari Kalimantan Tengah. Selain itu, Kalimantan Selatan sendiri merupakan provinsi yang cukup besar dengan luas 37.530,52 km².

2 . Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur

Beberapa Daerah Ini Juga Dipertimbangkan Sebagai Ibu Kota Barubatasnegeri.com

Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur juga mengirimkan wakilnya sebagai calon ibu kota negara yang diwakili oleh Pontianak ( Kalimantan Barat ) dan Balikpapan/Samarinda ( Kalimantan Timur ). Hanya saja, peluang ketiga kota ini untuk menjadi Ibu Kota terbilang kecil. Sebab, kota-kota ini memiliki beberapa permasalahan yang mirip Jakarta seperti sering banjir dan juga lokasinya tidak terlalu luas dan tidak menjadi pilihan yang ideal.

3. Palembang, Sumatera Selatan

Beberapa Daerah Ini Juga Dipertimbangkan Sebagai Ibu Kota Baruragamtempatwisata.com

Pulau Sumatera juga mengirimkan wakilnya yang diwakili oleh Kota Palembang. Namun kecil peluangnya untuk dipindahkan kesini. Meskipun berlokasi di kawasan yang strategis, dekat dengan ibu kota negara ASEAN lain seperti Singapura dan Kuala Lumpur, namun kota ini bukanlah pilihan utama karena akan semakin jauh dari kawasan timur Indonesia.

4. Mamuju, Sulawesi Barat

Beberapa Daerah Ini Juga Dipertimbangkan Sebagai Ibu Kota Barupetatematikindo.wordpress.com

Sulawesi juga mengirimkan wakilnya yaitu Mamuju. Pengusulan ini disampaikan oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. Dia mengusulkan kota ini menjadi ibu kota karena letaknya berada di tengah tengah Indonesia. Kota ini juga terbilang strategis karena kota ini terletak di tengah tengah Indonesia, di ujung barat pulau Sulawesi dan dekat dengan Selat Makassar.

Menurut kalin Ibu Kota Indonesia cocoknya dimana guys......

Jansen Simanjuntak Photo Verified Writer Jansen Simanjuntak

Akan Selalu Ada Pelangi Sehabis Hujan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya