Gunung Agung Bali Berstatus Siaga, Ini Lokasi Pengungsiannya

Meski berstatus siaga, warga diminta tetap tenang namun waspada. Koordinasi dengan banjar dan desa setempat!

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Agung di Bali. Gunung ini tertinggi di Pulau Bali dan selalu dijadikan lokasi favorit para pendaki. Letaknya berada di Kecamatan Rendang, Karangasem. Kini, ada kabar jika gunung api ini mengeluarkan asap dan beberapa kali mengalami gempa vulkanik dan mengeluarkan abu. Statusnya saat ini telah berubah menjadi siaga (Level III), terhitung sejak Senin (18/9/2017) pukul 21.00 Wita. Info ini dilansir dari website esdm.go.id. 

Kabar ini juga diperoleh dari beberapa grup lokal Bali di Facebook. Termasuk akun pribadi milik Jonet Pande. Ia mengunggah sejumlah foto tentang situasi lokasi pengungsian di Desa Nongan, tepatnya Banjar Pande Bujaga, serta foto abu di tengah perjalanan, pukul 21.41 Wita Senin (18/9/2017). Dikonfirmasi penulis melalui inbox Facebook, Pande menyebut jika lokasi pengungsian di Lapangan Rendang sudah penuh.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri, melalui akun resmi Facebook Humas Karangasem, pun mengeluarkan surat pernyataan resminya nomor 362/464/BPD/2017, yang membenarkan tentang status siaga Gunung Agung. Atas kejadian ini, Pemerintah Karangasem menyatakan agar dilaksanakan Tanggap Darurat Bencana selama 14 hari, yang terhitung dari tanggal 18 September 2017 s/d 1 Oktober 2017.

Meski demikian, masyarakat diminta supaya tidak panik namun tetap waspada, dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat. Di antaranya:

Tidak melakukan pendakian.

Gunung Agung Bali Berstatus Siaga, Ini Lokasi Pengungsiannyapexels.com/ Pixabay

Masyarakat di sekitar Gunung Agung, termasuk pendaki, pengunjung dan wisatawan diminta supaya tidak beraktivitas terutama melakukan pendakian dan berkemah di area  dalam radius 6 kilometer dari kawah puncak.

Lokasi yang berpotensi bahaya.

Gunung Agung Bali Berstatus Siaga, Ini Lokasi Pengungsiannyapixabay/ klaus_schrodt

Sejumlah wilayah yang berada di sekitar lereng Utara, Tenggara dan Selatan Gunung Agung berpotensi sangat berbahaya jika ada aktivitas letusan. Sementara area aliran sungai Tukad Tulamben, Tukad Daya, Tukad Celagi yang berhulu di area bukaan kawah, Sungai Tukad Bumbung di Tenggara, Pati, Tukad Panglan dan Tukad Jabah di Selatan Gunung Agung berpotensi menjadi lokasi berbahaya yang dialiri lahar dan lava.

Satbrimob Polda Bali bersiaga di Polsek Rendang.

Gunung Agung Bali Berstatus Siaga, Ini Lokasi Pengungsiannyafacebook/ Humas Polda Bali

10 personel Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Polda Bali telah disiagakan di Polsek Rendang. Mereka memiliki keahlian di bidang SAR (Search And Rescue). Tim ini juga menyediakan 1 unit mobil SAR, 1 unit double cabin dan 2 unit sepeda motor KLX. .

Desa Nongan, tepatnya Banjar Pande Bujaga bahkan telah dijadikan lokasi pengungsian. Untuk informasi lokasi pengungsian selengkapnya, silakan berkoordinasi dengan banjar dan desa setempat.

irma yudistira Photo Verified Writer irma yudistira

Pengamat tulisan, dan status sosmed orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya