Mau Mudik Gratis dari Depok? Ini Daftar Kota Tujuan Yang Tersedia

Ada 55 bus yang tersedia di Depok

Depok, IDN Times - Program mudik gratis nampaknya mendapat antusias dari masyarakat, khususnya warga Depok. Pemerintah Kota Depok menyediakan 55 bus yang siap menampung pemudik.

1. Transportasi darat menjadi fokus utama Kementerian Perhubungan pada mudik 2018

Mau Mudik Gratis dari Depok? Ini Daftar Kota Tujuan Yang Tersediaantaranews.com

Dalam acara talkshow Suara Millennial yang diselenggarakan IDN Times baru-baru ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat menuturkan, persiapan mudik gratis 2018 akan lebih difokuskan pada transportasi darat.

“Ada orang naik pesawat, kereta api, dan lain-lain. Tapi udara lebih banyak. Kalau kita ngomong yang harus diatur detail itu adalah darat. Apalagi Jakarta-Bandung-Jawa Tengah-Jawa Timur dan sebaliknya,” kata Budi Karya.

Baca juga: Ini Lho Lima Hal yang Disiapkan Kemenhub Untuk Menyambut Mudik Lebaran 2018

2. Kuota pemudik Lebaran 2018 lebih besar dari tahun sebelumnya

Mau Mudik Gratis dari Depok? Ini Daftar Kota Tujuan Yang Tersediasuaranews.com

Kepala Terminal Depok Reynold John mengatakan, yang membedakan mudik gratis kali ini adalah kuota penumpang yang lebih besar dari tahun sebelumnya, yaitu sekitar 46.885 orang. Keistimewaan mudik 2018, Kemenhub memberikan kuota tambahan hingga dua kali lipat. Pengangkutan sepeda motor 39.446 unit dan kuota penumpang 87.250 orang.

Sama seperti tahun sebelumnya, kata John, kuota terbanyak yang diberikan Kemenhub untuk penumpang adalah bus. Kemenhub siap memberikan kuota hingga 50.850 orang pada mudik gratis 2018.

“Untuk posko mudik gratis Depok sendiri, sampai hari ini sudah menampung 2.600 orang, dan beberapa kuota bus dengan tujuan kota tertentu sudah penuh,” kata John kepada IDN Times saat memantau posko mudik gratis baru-baru ini 17 April lalu.

3. Daftar tujuan kota mudik gratis di posko Depok

Mau Mudik Gratis dari Depok? Ini Daftar Kota Tujuan Yang Tersediaadventuriderz.com

Pantauan IDN Times, kuota arus mudik gratis dari Jakarta yang sudah habis antara lain Blora, Kebumen, Klaten, Madiun, Padang, Sragen, Wonogiri, dan Yogyakarta.

Sedangkan, kuota arus balik menuju Jakarta yang sudah habis antara lain Purwokerto, Solo, Yogyakarta, dan Semarang.
 
Kuota arus mudik yang masih tersedia antara lain Cirebon, Kuningan, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Demak, Kudus, Pati, Jepara, Magelang, Salatiga, Purwodadi, Boyolali, Wonosari, Cilacap, Wonosobo, dan Temanggung.

4. Kemenhub angkut sepeda motor pemudik sebagai upaya menekan tingkat kecelakaan

Mau Mudik Gratis dari Depok? Ini Daftar Kota Tujuan Yang Tersediasinarharapan.co

Untuk pemudik yang ingin membawa sepeda motor juga bisa dipaketkan secara gratis. John menuturkan, nantinya motor akan diangkut menggunakan truk dengan kuota 3.150 unit, yang dikumpulkan di Kantor Bulog, selanjutnya akan diangkut ke kota tujuan.

“Kita berharap, upaya ini bisa menekan kecelakaan yang terjadi akibat mudik dengan sepeda motor,” kata John.

5. Buruan daftar mudik gratis persembahan Kemenhub

Mau Mudik Gratis dari Depok? Ini Daftar Kota Tujuan Yang Tersediaposkotanews.com

Untuk jadwal mudik gratis Kemenhub dilaksanakan pada 9-13 Juni 2018. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar di posko Depok akan diberangkatkan dari Monas pada 9-13 Juni, dan Terminal Jatijajar pada 11 Juni.

Sementara untuk arus balik gratis berlangsung pada 19-25 Juni 2018. Yang mendaftar di posko arus mudik Depok akan diberangkatkan dari Terminal bus Tirtonadi, Solo, pada 22 Juni.

Ada dua cara untuk mendaftarkan diri mengikuti mudik gratis dari Kemenhub. Bisa datang langsung ke kantor pusat Kemenhub Jakarta, Dinas Perhubungan (Dishub) Bogor, Dishub Kabupaten Tangerang, Dishub Kabupaten Bekasi, dan Dishub Depok, tepatnya di Terminal Depok.

“Ada kemungkinan bus Jawa Barat yang masih kosong akan dialokasikan ke tujuan kota yang sudah habis kuotanya,” kata Jhon.

Baca juga: Kereta Api Mirip Pesawat First Class, Mudik Lebaran Jadi Makin Asyik

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya