Pejabat RI Ramai-ramai Kecam Keputusan Trump Soal Yerusalem

Indonesia akan terus dukung Palestina

Laporan Indiana Malia dan Teatrika Handiko Putri

Jakarta, IDN Times – Wacana pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Israel ke Yerusalem yang secara tidak langsung mengakui kota tersebut sebagai wilayah Israel terus menuai respon negatif. Di Indonesia sendiri, isu ini jadi salah satu yang paling menyedot perhatian termasuk dari kalangan petinggi negara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah secara tegas menyatakan penolakan terhadap langkah AS ini. Jokowi mendesak berbagai organisasi internasional seperti OKI dan PBB untuk  segera bersidang membahas soal ini.

Permintaan Jokowi ini juga telah dikomunikasikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi kepada OKI. Rencanannya Organisasi Kerjasama Islam itu akan menggelar sidang luar biasa pada 13 Desember mendatang. Jokowi sendiri diagendakan untuk menghadiri pertemuan yang akan mengambil tempat di Istanbul, Turki itu.

Baca juga: Ini 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Arab Saudi Jika Membuka Kedutaan di Israel

Pejabat RI Ramai-ramai Kecam Keputusan Trump Soal YerusalemAntara/Puspa Perwitasari

Sikap presiden Jokowi didukung dan diikuti oleh sejumlah menteri dan anggota DPR RI.

“Keputusan pemerintah Amerika Serikat jelas sangat mengecewakan kita semua,” jelas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (7/12).

Puan juga menegaskan, pemerintah Indonesia konsisten dan akan terus memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina.

Senada dengan Puan, Anggota Komisi VI, Aria Bima menegaskan Fraksi PDIP akan mendukung sikap Presiden Joko Widodo untuk membawa masalah ini ke sidang konferensi negara-negara Islam ataupun PBB.

Menurutnya, pengakuan sepihak yang dilakukan oleb Presiden Amerika Serikat tersebut mengancam pada proses perdamaian di Timur Tengah. “Pernyataan tersebut telah memicu konflik baru di Timur Tengah, dan menutup harapan akan timbulnya perdamaian. Dan sebaliknya, akan muncul konflik-komflik baru yang memperparah konflik di Timur Tengah,” ujar Aria di Sidang Paripurna DPR RI, Senayan, Kamis (7/12).

Pejabat RI Ramai-ramai Kecam Keputusan Trump Soal Yerusalemallsingaporestuff.com

Boikot Produk Buatan AS dan Israel

Masih dalam kesempatan Sidang Paripurna yang digelar Kamis kemarin. Dalam pembukaan sidang, diawali dengan penyampaian pendapat fraksi-fraksi berkaitan dengan pengakuan sepihak Yerusalem sebagai Ibukota Israel. Ketua Fraksi PPP DPR RI, Reni Marlinawati menyuarakan pendapat fraksinya.

Reni meminta pemerintah dan DPR RI menggunakan segala potensi yang ada, termasuk diplomasi dan bantuan ekonomi guna mendukung kemerdekaan dan kedaulatan Palestina seutuhnya.

Tidak hanya itu ia juga mengusulkan agar pemerintah dan masyarakat Indonesia memboikot barang-barang dari Amerika Serikat dan Israel. “Menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk memboikot seluruh barang-barang Amerika Serikat dan Israel,” ujar politisi PPP ini.

Baca juga: Trump Dukung Peralihan Ibu Kota Israel ke Yerusalem, Ini Kata Pengamat

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya