MUI: Usut Tuntas Kasus Kekerasan Terhadap Tokoh Agama

Jangan mau diadu domba!

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta aparat keamanan dan intelijen untuk mengusut tuntas dan mengungkap motif kekerasan terhadap beberapa tokoh agama dan simbol-simbol agama yang terjadi di berbagai daerah akhir-akhir ini. 

1. Kasus kekerasan terhadap tokoh agama bisa melahirkan prasangka negatif

MUI: Usut Tuntas Kasus Kekerasan Terhadap Tokoh AgamaIDN Times/Sukma Shakti

"Berbagai kejadian tersebut telah melahirkan banyak rumor di masyarakat sehingga apabila tidak segera diusut dan dicegah dikhawatirkan dapat menimbulkan prasangka-prasangka yang menyesatkan dan dapat memunculkan gejolak yang berpotensi menimbulkan kekacauan," kata Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangan tertulis, Selasa (20/2).

Baca juga: Penyerangan Tokoh Agama Ada Kemiripan dengan Kasus Naga Hijau 1996?

2. Ada pihak-pihak yang memanfaatkan tahun politik

MUI: Usut Tuntas Kasus Kekerasan Terhadap Tokoh AgamaIDN Times/Sukma Shakti

MUI menengarai ada pihak-pihak yang ingin menciptakan ketakutan, saling curiga dan ketegangan dalam kehidupan bermasyarakat. 

"MUI menduga ada rekayasa jahat yang bertujuan ingin membuat kekacauan dan konflik antarelemen masyarakat dengan memanfaatkan momentum tahun politik," imbuh Zainut. 

3. Tingkatkan kewaspadaan

MUI: Usut Tuntas Kasus Kekerasan Terhadap Tokoh AgamaSukma Shakti/IDN Times

Oleh sebab itu, MUI mengajak seluruh elemen bangsa lebih meningkatkan kewaspadaan, bersikap tenang, dapat mengendalikan diri, dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengadu domba dan ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. 

Baca juga: Kiai Bakal Dikawal saat Salat Subuh? Ini Cara Polri Cegah Penyerangan Tokoh Agama

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya