Kisah Bayi Mungil yang Terlahir pada Awal 2018

Abdul Haris dan keluarga terlihat cemas

Depok, IDN Times - Jarum jam menunjukkan pukul 13.00 WIB, sebuah keluarga tampak berkumpul di ruang tunggu Rumah Sakit Bhakti Yudha, Depok, Jawa Barat. Mata mereka terlihat berbinar namun ada kecemasan. Di depan ruang tunggu terdapat ruang operasi persalinan yang tertutup rapat.

"Iya, kami sedang menunggu persalinan kakak," ujar seorang perempuan berjilbab kuning sembari menggendong anak seusia 5 tahun kepada IDN Times, Senin 1 Januari 2018. 

"Ini anak ketiga yang lahir. Yang saya gendong ini anak kakak yang kedua," tutur perempuan itu.

1. Bayi lahir dengan selamat

Kisah Bayi Mungil yang Terlahir pada Awal 2018IDN Times/Indiana Malia

Sekitar pukul 13.30 WIB, seorang suster keluar dari ruang operasi persalinan sembari mendorong inkubator. Sontak keluarga yang telah lama menunggu itu pun mengerumuni inkubator itu. Beragam komentar terlontar pada seorang bayi perempuan yang baru saja terlahir itu.

"Lucu, ya. Gemas," ucap perempuan berjilbab kuning sembari menunjuk inkubator.

"Coba lihat, ini dedeknya gembul banget ya," tutur sang nenek yang terlihat kegirangan.

Belum habis sukacita mereka, suster meminta izin untuk membawa si bayi ke ruang khusus inkubator. Tak ada yang diizinkan ikut masuk kecuali sang ayah, Abdul Haris, yang sedari tadi kehabisan kata-kata karena haru.

Di dalam ruang inkubator, Haris diperkenankan mengumandangkan azan pertama di  telinga kanan buah hatinya. 

Baca juga: Jakarta Dapat 'Kado' Tahun Baru 780 Ton Sampah

2. Kelahiran tidak direncanakan awal tahun

Kisah Bayi Mungil yang Terlahir pada Awal 2018IDN Times/Indiana Malia

Usai bertemu sang buah hati, Haris kembali ke ruang tunggu dengan wajah semringah. Dia mengucapkan syukur atas kelahiran anak ketiganya itu. 

"Anak pertama mondok di Gontor, masih SMP. Anak kedua masih TK, yang tadi digendong itu," ujar Haris saat berbincang dengan IDN Times.

Haris menuturkan, kelahiran anaknya yang melalui operasi Caesar itu tidak direncanakan, lantaran bertepatan dengan awal 2018. Semua terjadi secara alamiah saja. 

"Karena usia kandungan sudah sembilan bulan lebih, ya. Dari jam setengah enam subuh tadi sudah dibawa ke sini. Ya sekitar delapan jam lah kami menunggu proses kelahirannya," kata Haris.

3. Nama sang anak sudah dipersiapkan

Kisah Bayi Mungil yang Terlahir pada Awal 2018IDN Times/Indiana Malia

Haris sudah menyiapkan nama untuk si buah hati yaitu Abidah Syakira Haris. Nama tersebut memiliki arti, hamba yang taat dan pandai bersyukur. Dia berharap, kelak putrinya akan menjadi seorang anak yang salihah, taat agama, dan pandai bersyukur dalam situasi apa pun. 

"Soal nama sudah saya diskusikan juga dengan para kiai. Insya Allah berkah," ujar dia.

Kendati berbahagia atas kelahiran anaknya, Haris masih was-was karena belum diizinkan menemui isterinya, Malahayati. 

"Dia masih di dalam. Saya bangga dan harus berterima kasih padanya. Proses melahirkan itu tak mudah," ucap Haris dengan mata berbinar.

Baca juga: Liburan Tahun Baru Usai, 4.526 PNS DKI Belum Tercatat di Absensi

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya