Kereta Bandara Soetta Hari Ini Beroperasi, Cek Rute Stasiun dan Jadwalnya

Ke bandara Soetta hanya 55 menit

Jakarta, IDN Times - Kereta tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini mulai diuji coba untuk masyarakat umum. Kereta yang akan mulai beroperasi pada pukul 03.47 WIB itu akan melalui beberapa stasiun di Jakarta di antaranya Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dan Manggarai, Jakarta Selatan.

Setelah dilakukan serangkaian uji coba dan evaluasi dari Kementerian Perhubungan, kereta ini memiliki 10 rangkaian yang berkapasitas sekitar 272 penumpang. Kereta ini akan beroperasi mulai pukul 03.21 hingga 22.51 WIB setiap harinya, dengan 42 perjalanan pulang pergi serta durasi perjalanan yang ditempuh sekitar 55 menit ke bandara.

1. Tarif promo diberlakukan

Kereta Bandara Soetta Hari Ini Beroperasi, Cek Rute Stasiun dan Jadwalnyabandarasoekarnohatta.com

Kementerian Perhubungan telah menetapkan dan memberlakukan tarif promo mulai 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 seharga Rp 30 ribu. Namun terhitung mulai 2 Januari 2018 akan berlaku tarif normal Rp 70 ribu yang berlaku untuk seluruh stasiun yang melayani tujuan Bandara Seotta, dengan sistem pembayaran cashless (non tunai).

Rute kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan melewati Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, hingga Stasiun Soekarno-Hatta, dan begitu sebaliknya dari arah bandara.

Namun, untuk tahap awal kerata bandara baru melayani naik turun penumpang dari tiga stasiun, yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: 10 Kereta Api Paling Keren di Dunia, Bikin Takjub!

2. Penumpang dapat memanfaatkan Sky Train

Kereta Bandara Soetta Hari Ini Beroperasi, Cek Rute Stasiun dan Jadwalnyabandarasoekarnohatta.com

Fasilitas penunjang lainnya yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mobilitas perpindahan antar-teminal setelah tiba di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yaitu Sky Train atau Kereta Layang (Kalayang).

Sky Train di Bandara Soetta mulai 26 Desember 2017 ini akan beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 hingga 00.17 WIB. Waktu tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan kereta di Stasiun Bandara dan empat jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance serta istirahat.

3. Pemerintah targetkan Bandara Soetta masuk jajaran Skytrax bintang 5

Kereta Bandara Soetta Hari Ini Beroperasi, Cek Rute Stasiun dan Jadwalnyabandarasoekarnohatta.com

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, kereta bandara dan Kalayang merupakan inovasi layanan dalam memberikan kepastian, kecepatan, dan kenyamanan penumpang saat tiba di Soekarno-Hatta.

Dia berharap dengan adanya fasilitas baru ini dapat mengantarkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia yang masuk di jajaran Skytrax bintang lima.

“Kami akan melanjutkan pembangunan Kalayang tahap dua untuk dapat menyambungkan keseluruhan area bandara, di mana saat ini jalurnya adalah Terminal 1, Terminal 2, Integrated Building, dan Terminal 3. Dan nantinya terhubung dengan Terminal 4, serta Sky Hub (commercial area) dan menuju kembali ke Terminal 3 mengelilingi Bandara Soekarno-Hatta," kata Awaluddin.

Kereta Bandara Soetta Hari Ini Beroperasi, Cek Rute Stasiun dan Jadwalnyadephub.go.id

Dengan adanya interkoneksi antara kereta bandara dan kereta layang ini, kata Awaluddin, penumpang dapat menjadwalkan keberangkatan mereka ke bandara dengan lebih baik dan tepat, sehubungan dengan ketepatan jadwal dan kepastian waktu yang diberikan. 

Sehingga, Awaluddin menambahkan, dengan adanya kedua fasilitas yang telah terintegrasi dengan baik ini, maka connecting time dari dan menuju serta di dalam Bandara Soekarno-Hatta dapat menjadi lebih efektif dan efisien. 

Baca juga: Kurangi Kemacetan Jakarta, Anies Bakal Bangun Loop Line Kereta

Topik:

Berita Terkini Lainnya