Kemenkominfo Optimistis Startup Indonesia Miliki Valuasi hingga Rp 13 Triliun

NEXTICORN diharapan bisa menarik investor

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara optimistis pada 2019 mendatang, Indonesia memiliki lebih dari lima startup Unicorn, atau perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi minimal US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun.

Hal itu dibuktikan melalui program The Next Indonesian Unicorns (NEXTICORN) yang menggandeng pihak lain seperti Amvesindo dan EY.

"Pemerintah akan terus mendukung roadmap e-commerce demi mewujudkan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia," kata Rudiantara, Jakarta, Jumat (8/12).

Baca juga: 10 E-Commerce Terbaik yang Menggeser Eksistensi Toko Offline

Kemenkominfo Optimistis Startup Indonesia Miliki Valuasi hingga Rp 13 TriliunANTARA FOTO/Novrian Arbi

Rudiantara menambahkan, wujud dukungan tersebut dapat dilihat dengan hadirnya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, serta kebijakan-kebijakan yang dituangkan dalam  Perpres No. 74/2017 yang membuka Digital Platform Indonesia sebagai tujuan investasi investor asing dan mendorong investor lokal untuk melakukan investasi.

“NEXTICORN merupakan langkah berikutnya untuk menampilkan Indonesia bersama startup. Pemerintah mengerti permasalahan dalam mendapatkan funding, terutama di zona missing middle/series B," imbuhnya.

Rudiantara berharap, startup-startup Indonesia dapat tumbuh dan mempunyai value di mata investor nasional dan global, sehingga akan lahir unicorn-unicorn berikutnya di Indonesia.

Kemenkominfo Optimistis Startup Indonesia Miliki Valuasi hingga Rp 13 Triliuninvestadvocate.com

Dari program NEXTICORN tersebut, lanjut Rudiantara, pemerintah akan mendukung Business Matching yang tepat melalui event yang mendatangkan Venture Capital, baik dari nasional maupun dari luar negeri ke Indonesia.

"Selain itu juga dengan membawa startup-startup Indonesia ke event-event di luar negeri yang dihadiri oleh Venture Capital. Oleh karena itu, partisipasi dari para pelaku startup sangat penting untuk memanfaatkan peluang yang telah diberikan, sehingga berpartisipasi agar startup-startup di Indonesia dapat menjadi The Next Indonesian Unicorns," pungkasnya.

Baca juga: Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Meningkat Tajam, Siapa di Posisi Teratas?

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya