Ini Tiga Tips Sukses Jadi Creativepreneur Ala Raditya Dika

Jangan mengejar popularitas, bikin karya berbeda, dan nekad!

Surabaya, IDN Times - Memulai bisnis kreatif haruslah dimulai dengan niat yang baik, tak mencari popularitas. Itulah poin penting yang disampaikan komedian Raditya Dika saat menghadiri acara Creativepreneur Corner 2018 di JX International Convention Exhibition Surabaya, Minggu (28/01). Dalam acara tersebut, Radit membocorkan tiga tips sukses memulai bisnis sebagai creativepreneur.

1. Jangan tergoda iming-iming popularitas

Ini Tiga Tips Sukses Jadi Creativepreneur Ala Raditya Dikainstagram.com/@raditya_dika

"Banyak banget orang yang pengen jadi Creativepeneur. Kadang mereka salah, mereka pengen jadi  youtuber, selebgram karena pengen jadi artis dan terkenal, itu salah banget. Karena kalau lo udah terkenal itu sedih, bukannya seneng. Kadang-kadang hiburan gue ya lihat komentar-komentar di Instagram para artis," ujar Radit yang langsung disambut gelak tawa pengunjung.

Radit mencontohkan salah satu risiko menjadi artis, yaitu menerima nyinyiran para netizen yang terkadang kelewatan. Menurut Radit, niat awal menciptakan bisnis kreatif yang paling baik adalah murni berkarya, jangan tergoda dengan iming-iming popularitas.

"Jadi lo bikin karya karena pengen bikin karya saja. Jangan kegoda iming-iming punya follower banyak, terkenal di mana-mana, jangan," ungkapnya.

2. Buat karya yang berbeda

Ini Tiga Tips Sukses Jadi Creativepreneur Ala Raditya DikaRaditya Dika/Putri Ana Cahya

Radit menjelaskan, kunci sukses menjadi creativepreneur adalah membuat karya yang berbeda. Seseorang harus berpikir apa yang tak pernah dipikirkan orang lain, atau memodifikasi ide bisnis dengan cara berbeda, misalnya usaha martabak Markobar milik putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming. 

Radit mengatakan, idenya membuat konten Youtube dan film berasal dari kegelisahan.

"Gimana cara membuat kegelisahan itu menjadi bisnis? Yang penting berani dulu, jangan takut hasilnya bakalan jelek atau gak sesuai keinginan," kata Radit.

3. Nekad saja, jangan cuma dipikirin

Ini Tiga Tips Sukses Jadi Creativepreneur Ala Raditya Dikainstagram.com/@raditya_dika

Menurut Radit, langkah-langkah untuk menjadi seorang creativepreneur adalah nekad dan mencari kegelisahan atau alasan mendasar dalam membangun bisnis.

"Semua ide yang direalisasikan pasti jelek dan itu normal. Karyamu harus jelek dulu biar tahu mana yg bagus, jangan cuma dipikirin. Kesalahan yang paling banyak dilakukan orang adalah takut hasilnya jelek, takut dihujat, dan akhirnya gak jalan-jalan," ujar penulis buku Marmut Merah Jambu tersebut.

Topik:

Berita Terkini Lainnya