Ini 5 Butir Deklarasi Indonesia Tanpa Pacaran

Deklarasi ITP ini diikuti ribuan peserta

Bekasi, IDN Times - Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran (ITP) mulai menunjukkan gaungnya. Ribuan peserta dari berbagai daerah mendeklarasikan gerakan ini di Islamic Center Bekasi hari ini, Minggu (15/4).

Mereka yang menghadiri acara ini tak hanya warga Jabodetabek, tapi juga dari luar Jawa seperti Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera. Mereka terdiri dari pelajar, mahasiswa, hingga mereka yang sudah berstatus menikah.

Pada akhir acara, penggagas ITP La Ode Munafar pun memimpin deklarasi tersebut.  Perwakilan anggota ITP dari berbagai wilayah pun maju dengan membawa bendera putih bertuliskan Indonesia Tanpa Pacaran. 

"Bismillahirrahmanirahim. Ikrar komunitas Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran. Setelah kami mencermati, melihat, dan menganalisis fakta kerusakan pacaran, maka demi Allah maka demi Allah, maka demi Allah, kami menyadari bahwa...," ucap Munafar memimpin deklarasi yang diikuti ribuan peserta. 

1. Pacaran dipandang merusak remaja dan mengarah pergaulan bebas

Ini 5 Butir Deklarasi Indonesia Tanpa PacaranIDN Times/Indiana Malia

Pada poin pertama deklarasi, Munafar menyebutkan, pacaran akan merusak generasi muda dan membuka peluang adanya pergaulan bebas. 

"Suka pacaran dan pergaulan bebas bersifat merusak dan merugikan generasi muda, dipandang dari segi sisi mana pun," kata Munafar diikuti seluruh peserta.

2. Pacaran akibat pemisahan kehidupan dan agama

Ini 5 Butir Deklarasi Indonesia Tanpa PacaranIDN Times/Indiana Malia

Poin kedua, Munafar menyebutkan, merajalelanya pacaran akibat pemisahan antara kehidupan dengan agama, serta ide-ide lainnya seperti liberalisme dan sekulerisme.

"Kami menyadari bahwa merajalelanya pacaran akibat dari pemisahan kehidupan dan agama beserta ide-ide lainnya seperti liberalisme, sekularisme, dan ide-ide menyesatkan lainnya," ucap dia.

Baca juga: Hadiri Deklarasi Indonesia Tanpa Pacaran, Aktor Cholidi Berbagi Tips Nikah Muda

3. Pacaran tak sesuai syariat Islam

Ini 5 Butir Deklarasi Indonesia Tanpa PacaranIDN Times/Indiana Malia

Ketiga, Munafar dan anggota ITP berjanji akan menjauhi budaya pacaran dan pergaulan bebas.

"Kami berjanji menjauhi budaya rusak pacaran dan segala pergaulan bebas lainnya yang tidak sesuai dengan Islam," sebut Munafar, kembali ditirukan anggotanya. 

4. Anggota ITP siap berjuang menghapus budaya pacaran demi Bangsa Indonesia

Ini 5 Butir Deklarasi Indonesia Tanpa PacaranIDN Times/Indiana Malia

Keempat, lanjut Munafar, anggota ITP berjanji untuk berjuang bersama menghapus budaya berpacaran demi masa depan Bangsa Indonesia.

"Kami berjanji untuk berjuang bersama dalam rangka menghapus pacaran dari Indonesia demi masa depan bangsa dan agama Islam ini," sebut dia.

5. ITP siap berjuang mengembalikan syariat Islam

Ini 5 Butir Deklarasi Indonesia Tanpa PacaranInstagram/@indonesiatanpapacaran

Terakhir, anggota ITP berikrar siap memperjuangkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami siap memperjuangkan kembalinya Islam dalam kehidupan sehari-hari. Demi terwujudnya Indonesia Tanpa Pacaran. Bekasi, 15 April 2018," seru Munafar dan anggota ITP mengakhiri deklarasi dengan mengucap takbir tiga kali.

Baca juga: Ribuan Remaja Hadiri Deklarasi Indonesia Tanpa Pacaran di Bekasi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya