Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan Pengungsi Rohingya

Bantuan 10,43 ton akan didistribusikan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas bantuan kemanusiaan yang akan diberikan kepada warga Rohingya yang saat ini masih mengungsi di Bangladesh. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian tinggi Pemerintah Indonesia terhadap krisis kemanusiaan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara.

Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat langsung bantuan yang telah siap di landas pacu Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1).

1. Pengungsi sangat membutuhkan bantuan

Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan Pengungsi RohingyaBNPB

Presiden Jokowi mengatakan bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan oleh para pengungsi. Menurut Jokowi, para pengungsi yang jumlahnya ratusan ribu itu sangat membutuhkan uluran tangan dari Indonesia dan negara lain.

"Bantuan ini sangat dibutuhkan sekali, terutama obat-obatan dan makanan," kata Jokowi dalam keterangan pers dari Badan Nasiona Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (24/1).

Jokowi mengatakan akan menengok para pengungsi saat kunjungan kerja di Bangladesh nanti, bila waktu memungkinkan.

Pengiriman bantuan kemanusiaan juga menunjukkan Pemerintah Indonesia konsisten terhadap permasalahan kemanusiaan dan perdamaian, khususnya yang dialami pengungsi Rohingya.

Baca juga: Usai Dilahirkan, Bayi Perempuan Rohingya Ini Dibunuh

2. Bantuan 10,43 ton akan didistribusikan

Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan Pengungsi RohingyaBNPB

Bantuan kemanusiaan yang diberikan terdiri dari 12 jenis seperti makanan tambahan gizi bayi dan ibu hamil, peralatan sekolah, lampu darurat, dan family kits. Jenis bantuan yang dikirimkan ini berdasarkan kajian lapangan kebutuhan pengungsi.

Bantuan seberat 10,43 ton itu akan didistribusikan kepada pengungsi Rohingya sesuai dengan rekomendasi dari otoritas setempat. 

"Organisasi maupun institusi mitra dari pemerintah setempat yang akan mendistribusikan bantuan," kata Direktur Tanggap Darurat BNPB Junjungan Tambunan.

3. BNPB memimpin tim kemanusiaan dengan pesawat Hercules TNI AU

Indonesia Salurkan Bantuan Kemanusiaan Pengungsi RohingyaBNPB

Pengiriman bantuan kemanusiaan ini merupakan kali kedua untuk pengungsi Rohingya yang masih tinggal di Bangladesh. BNPB memimpin tim kemanusiaan yang diangkut dengan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara. Tim yang dipimpin oleh Junjungan Tambunan akan bertolak ke Bangladesh besok, Kamis (25/1), yang terlebih dahulu menginap semalam di Banda Aceh. 

Bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya juga wujud dari implementasi terhadap semangat One ASEAN One Response dalam konteks penanggulangan bencana di kawasan Asia Tenggara. Komite Internasional Palang Merah (ICRC) mencatat, sejak krisis kekerasan terjadi di Rakhine, Myanmar, 655.000 warga mengungsi ke Bangladesh.

Baca juga: Liput Soal Rohingya, Dua Jurnalis Reuters Terancam 14 Tahun Penjara

Topik:

Berita Terkini Lainnya