Dapur Pengeboran Minyak di Aceh Timur Terbakar, Puluhan Orang Terluka

Api belum bisa dipadamkan

Jakarta, IDN Times - Telah terjadi kebakaran dapur pengeboran minyak mentah di Jalan Pendidikan, Dusun Kamar Dingin, Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, hari ini, pukul 04.00 WIB. 

1. Mengalami kelebihan produksi minyak mentah

Dapur Pengeboran Minyak di Aceh Timur Terbakar, Puluhan Orang TerlukaIDN Times/Sukma Shakti

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pada pukul 00.00 WIB sumur bor minyak yang diperkirakan memiliki kedalaman pengeboran sekitar 250 meter di dalam bumi mengalami kelebihan produksi hasil minyak mentah.

"Akibat kelebihan produksi (nembak minyak) tersebut banyak masyarakat yang melakukan pengumpulan minyak di sekitar sumur bor tersebut, kemudian dikumpulkan ke dalam drum (tempat penampungan minyak)," ujar Sutopo dalam keterangan tertulis, Rabu (25/4).

Baca juga: Mengais Puing Sisa Kebakaran di Tambora

2. Semburan api besar membakar puluhan orang

Dapur Pengeboran Minyak di Aceh Timur Terbakar, Puluhan Orang TerlukaIDN Times/Sukma Shakti

Kemudian, pada pukul 01.30 WIB tiba-tiba muncul percikan api di sekitar lokasi sumur bor tersebut. Seketika langsung menyambar di seputaran lokasi pengeboran dan penampungan minyak. 

"Semburan api yang besar mengakibatkan puluhan orang yang berada di sekitar lokasi terbakar dan diperkirakan korban tidak sempat menyelamatkan diri pada saat kejadian," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, pada pukul 02.30 WIB, dua unit mobil pemadam kebakaran dari wilayah Peureulak tiba di lokasi kejadian, membantu untuk memadamkan semburan api. 

3. Jumlah korban masih didata

Dapur Pengeboran Minyak di Aceh Timur Terbakar, Puluhan Orang TerlukaIDN Times/Sukma Shakti

Sutopo menjelaskan, hingga pukul 07.20 WIB api belum berhasil dipadamkan. Sementara,  sebagian korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Abdul Azis Peureulak dan Rumah Sakit Jubir Mahmud di Kabupaten Aceh Timur.

"Untuk jumlah korban masih dalam pendataan lebih lanjut karena api masih belum bisa dipadamkan," kata Sutopo.

Baca juga: Sering Terjadi Kebakaran di Tambora, Kapolsek: Perlu Ada Penertiban Listrik

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya