Bandara Kertajati Siap Layani 5 Penerbangan Domestik Jelang Lebaran

Medan ke Cirebon bisa langsung loh!

Majalengka, IDN Times - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau sering disebut Bandara Kertajati ditargetkan akan soft opening pada minggu ke-3 Mei 2018.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau langsung bandara yang terletak di Kecamatan Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (4/4).

“Kami bersepakat menetapkan target, Dirjen Perhubungan Udara sudah mengkoordinasikan, bangunan (terminal penumpang) ini akan selesai di awal Mei. Kami akan akan soft opening pada minggu-3 Mei,” kata Budi.

1. Melayani lima penerbangan domestik

Bandara Kertajati Siap Layani 5 Penerbangan Domestik Jelang LebaranIDN Times/Indiana Malia

Budi berharap, Bandara Kertajati dapat menjadi solusi moda angkutan pada masa Lebaran Juni mendatang.

Menurut rencana, pada tahap awal Bandara Kertajati akan melayani penerbangan domestik ke lima kota terlebih dahulu. Untuk itu, Budi meminta, baik BIJB dan PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara Kertajati segera menawarkan ke sejumlah maskapai penerbangan.

“Kami merencanakan akan ke lima kota antara lain Medan, Surabaya, Bali, Makassar, untuk Kalimantan pilihannya antara Samarinda atau Balikpapan. Nanti PT Angkasa Pura II dan BIJB akan menawarkan ke maskapai. Saya yakin mereka mau. Jadi orang dari Medan ke Cirebon dia langsung dan mengurangi mudik juga. Mudah-mudahan ini selesai,” ungkapn dia.

Baca juga: Bertemu Pihak Kemenhub Grab dan Go-Jek Siap Naikkan Tarif

2. Menjadi bandara embarkasi haji

Bandara Kertajati Siap Layani 5 Penerbangan Domestik Jelang LebaranIDN Times/Indiana Malia

Selain diperuntukkan penerbangan domestik ke lima kota, Bandara Kertajati nantinya juga akan digunakan sebagai bandara embarkasi haji. Tahap awal akan ada tujuh penerbangan embarkasi haji yang melalui bandara ini.

“Kami juga merencanakan penerbangan haji minimal untuk dua kabupaten yaitu Majalengka dan Sumedang. Penerbangan haji memang target pemerintah, mestinya Jawa Barat ini semua melalui Bandara Soekarno-Hatta jadi kami akan memindahkan tujuh flight itu ke sini yang akan menggunakan Airbus 320/330. Saya sudah koordinasi dengan Garuda Indonesia, mudah-mudahan itu terjadi,” ujar Budi.

3. Melibatkan 500 orang untuk simulasi

Bandara Kertajati Siap Layani 5 Penerbangan Domestik Jelang LebaranIDN Times/Indiana Malia

Sebelum bandara beroperasi, akan dilakukan simulasi selama dua minggu dengan melibatkan 500 orang, dummy passenger. Hal ini untuk memastikan alur penumpang, penanganan bagasi, hingga sistem ticketing berjalan dengan baik.

Selain itu, Budi juga ingin agar faktor keselamatan dan keamanan bandara menjadi fokus dalam pengoperasian bandara. Ada dua keistimewaan Bandara Kertajati, yaitu terkait faktor pendanaannya yang tidak murni menggunakan APBN namun juga melibatkan swasta, dan juga letak bandara yang strategis sehingga dapat melayani banyak kabupaten di sekitarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengungkapkan posisi Bandara Kertajati sangat strategis dan menghubungkan simpul-simpul transportasi. Dengan begitu, Agus berharap, keberadaan bandara ini nantinya dapat menumbuhkan ekonomi di Jawa Barat.

“Nanti akan ada kemandirian ekonomi di Jawa Barat. Patimban 40 kilometer dari sini ke pantai, Transjawa dan jalur kereta api yang masuk sini menghubungkan network jalur yang sudah ada, sehingga punya simpul terintegrasi,” ucap Agus.

4. Progress pembangunan mencapai 91 persen

Bandara Kertajati Siap Layani 5 Penerbangan Domestik Jelang Lebaranbandung.bisnis.com

Progres pembangunan Bandara Internasional Kertajati saat ini untuk sisi darat telah mencapai 91,07 persen, sedangkan untuk sisi udara telah selesai 100 persen. Bandara ini memiliki runway atau landas pacu berukuran 2.500 x 60 meter, dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini bandara ini dapat dilandasi pesawat sejenis Boeing 777.

Selain itu, juga terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi, sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar. Pada sisi darat, Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 92.000 meter persegi.

Baca juga: Bandara Kertajati Segera Beroperasi, Kemenhub: Ekonomi Akan Tumbuh Pesat

Topik:

Berita Terkini Lainnya