5 Solusi Ampuh Hadapi Kemacetan saat Mudik

Kamu harus coba?

Jakarta, IDN Times - Mudik merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Bagaimana tidak, mudik menjadi momen berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara setelah disibukkan dengan pekerjaan di perantauan.

Tidak mengherankan, harga tiket transportasi umum pun melonjak mendekati libur panjang, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal. Kendaraan pribadi pun menjadi alternatif. Biasanya, mudik juga identik dengan kemacetan karena semua orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Begitu pula saat arus balik.

Nah, agar mudik tidak membosankan dan stres akibat kemacetan, yuk simak tips di bawah ini:

1. Membaca buku

5 Solusi Ampuh Hadapi Kemacetan saat Mudikhuffpost.com

Membaca buku bisa jadi pengisi waktu saat kemacetan mengular di depan kamu. Gak perlu bacaan berat, bawa saja novel, komik, atau buku-buku komedi dari pengarang favoritmu. Dijamin, perhatianmu segera teralihkan dan kamu pun hanyut dalam rangkaian cerita di dalam buku itu.

2. Menyanyi dan mendengarkan musik

5 Solusi Ampuh Hadapi Kemacetan saat Mudikonsugar.com

Ini pas banget dilakukan kalau kamu mudik membawa kendaraan pribadi pergi rame-rame dengan keluarga atau teman kamu. Daripada saling mengumpat melihat kemacetan, mending setel musik di dalam mobil, terus karaokean deh! Tetapi kalau kamu ada di kendaraan umum, cukup pasang earphone di telinga, putar musik di handphone dan nikmatilah.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Mudik

3. Bermain games atau mengisi TTS

5 Solusi Ampuh Hadapi Kemacetan saat Mudikgadgets.ndtv.com/Plymouth University

Bermain games bisa jadi kegiatan menyenangkan di tengah kemacetan, siapkan juga batrei agar gawean kamu penuh atau siapkan batrei cadangan. Jangan sampai saat kamu sedang asyik-asyiknya bermain game, tiba-tiba baterai habis.  

Sebelum berangkat mudik, siapkan buku teka-teki silang untuk diisi kala kemacetan terjadi. Kesannya memang jadul, sih, tapi menyenangkan loh! Pasti ada kepuasan tersendiri kalau kamu berhasil mengisi semua kotak-kotak di buku itu. Tetapi kalau takut makin stres, main game di ponsel juga tak kalah menyenangkan, kok!

4. Memperbarui status

5 Solusi Ampuh Hadapi Kemacetan saat Mudikhuffingtonpost.com

Coba rekam kejadian-kejadian unik di sekitarmu saat kemacetan terjadi, lalu unggah di media sosial yang kamu punya. Itu akan jadi kenangan menyenangkan saat mudik, daripada menulis status umpatan yang malah bikin tambah kesal, kan?

5. Tidur

5 Solusi Ampuh Hadapi Kemacetan saat Mudikblog.klm.com

Cara ampuh lainnya supaya kamu tidak stress akibat kemacetan dengan tidur. Yup, tidur bisa membantu kamu memangkas waktu saat kemacetan. Tidur bisa jadi pilihan terakhir saat kamu sudah 'mati gaya'. Pasang earphone, nyalakan musik, lalu pejamkan matamu.

Itulah kelima hal yang bisa kamu lakukan saat terjebak kemacetan pada saat mudik maupun arus mudik. Kamu punya pengalaman lainnya? Yuk share di kolom komentar!

Baca juga: 5 Tips Mudik Asik dengan Sepeda Motor


Topik:

Berita Terkini Lainnya