Masuki Musim Penghujan, BPBD Kuningan Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor

Didasari pengalaman terdahulu

Cirebon, IDN Times - Terhitung 1 Desember 2017 hingga 31 Mei 2018 mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menetapkan status siaga bencana banjir dan longsor di wilayahnya. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin sebagaimana dilansir Antara mengatakan, penetapan tersebut terbilang disengaja, mengingat pada bulan ini wilayah Cirebon dan sekitarnya sudah memasuki musim penghujan yang diprediksi akan terjadi dengan intensitas sedang hingga tinggi, yang disertai dengan petir dan angin. 

Baca juga: Longsor Melanda Sumedang, Puluhan Orang Menjadi Korban

Masuki Musim Penghujan, BPBD Kuningan Tetapkan Status Siaga Banjir dan LongsorSumber Gambar: beritasuara,merdeka.com

"Kami mengimbau kepada masyarakt untuk berhati-hati. Khususnya yang menempati daerah rawan bencana. Tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," jelasnya.

Masuki Musim Penghujan, BPBD Kuningan Tetapkan Status Siaga Banjir dan LongsorANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk siaga ketika terjadi bencana alam di Kuningan. 

"Kami akan tempatkan relawan disetiap Kecamatan. Dan mengimbau agar masyarakat  segera melapor jika terjadi bencana," tuturnya. 

Sementara itu untuk wilayah yang menjadi prioritas penanganan ada di delapan Kecamatan yang rawan bencana. Di antaranya Kecamatan Darma, Selajambe, Subang, Cilebak, Ciwaru, Cibeureum, Ciniru dan Cibingbin.

Baca juga: Longsor Jawa Tengah: Warga dan Tim SAR Gotong Royong Mencari Korban

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya