Lima Startup Plug and Play Dapat Pendanaan Lanjutan

Sukses ekspansi di dalam dan luar negeri

Jakarta, IDN Times - Lima dari sembilan startup yang tergabung dalam angkatan pertama program akselerator GK-Plug and Play, telah menerima dana lanjutan dari berbagai investor. 

1. Dana yang diterima hingga 1 juta USD

Lima Startup Plug and Play Dapat Pendanaan LanjutanIDN Times/Humas GK-Plug and Play

Total dana yang diterima oleh kelima startup tersebut, mencapai lebih dari 1 juta USD. Mereka adalah Astronaut, Brankas, DANAdidik, KYCK, dan Sayurbox.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian startup batch pertama kami. Setelah program akselerator berakhir, tidak berarti kami lepas tangan terhadap startup ini. Kami akan terus memberikan dukungan yang diperlukan, mulai dari consultation, memperkenalkan dengan investor dalam dan luar negeri, hingga membantu mereka menjalin kerjasama dengan rekan korporasi kami," tutur Wesley Harjono, President Director GK – Plug and Play dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (2/1).

Baca juga: Plug and Play Adakan Accelerator Program untuk Penggiat Startup Indonesia

2. Startup lainnya jalin kerjasama

Lima Startup Plug and Play Dapat Pendanaan LanjutanIDN Times/Humas GK-Plug and Play

Selain mendapatkan dana investasi, sejumlah startup mendapatkan kerjasama dengan rekan korporasi GK – Plug and Play. Yakni Brankas, KYCK, dan Otospector. Dimana Brankas dan KYCK tercatat mendapatkan kerjasama dengan BNI. 

Sedangkan Otospector, penyedia jasa inspeksi mobil bekas independen yang juga tergabung dalam angkatan pertama GK–Plug and Play, juga tercatat menjalin kerjasama dengan dua rekan korporasi GK-Plug and Play yaitu Astra dan Sinar Mas.

"Startup dikenal dengan teknologi dan inovasinya, sedangkan korporasi memiliki jaringan yang luas. Kerjasama seperti ini, tentunya akan menguntungkan satu sama lainnya. Selain pendanaan dan kerjasama dengan rekan korporasi, beberapa startup kami juga telah melakukan ekspansi ke dalam maupun luar negeri," tambah Wesley Harjono.

Baca juga: Plug and Play Siap Umumkan Startup yang Terpilih Ikuti Accelerator Program

3. Starup ini lakukan ekspansi

Lima Startup Plug and Play Dapat Pendanaan LanjutanIDN Times/Humas GK-Plug and Play

Startup GK-Plug and Play yang diketahui tengah melakukan ekspansi adalah Karta dan Brankas. 

Dimana Karta menyedia jasa papan iklan sepeda motor yang diketahui telah meregistrasikan, serta mematenkan cara beriklan di atas motor dan telah melakukan ekspansi ke delapan kota di Indonesia, yaitu Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Medan, dan Pontianak. 

Selain itu, Brankas juga telah melakukan ekspansi ke pasar Malaysia. Di sisi lain, Astronaut juga telah melakukan kerjasama dengan salah satu unit usaha Sinar Mas yang bergerak di bidang Asuransi.

"Hal ini tidak berarti kami berpuas diri. Kami akan terus melakukan improvement di berbagai hal. Yang pasti, kami akan terus mendukung program Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat perekonomian digital di Asia Tenggara tahun 2020,” lanjut Wesley.

Baca juga: Plug and Play Umumkan 11 Startup Pilihan yang Berhak Dibina

Lima Startup Plug and Play Dapat Pendanaan LanjutanIDN Times/Humas GK-Plug and Play

Sebagaimana diketahui, saat ini GK-Plug and Play diketahui telah merampungkan proses seleksi untuk startup angkatan keduanya. Ada 13 startup dari berbagai bidang akan bergabung di dalam program akselerator yang berjalan selama kurang lebih tiga bulan tersebut. 

Nama-nama startup ini direncanakan untuk diumumkan pada Januari 2018 di kantor GK–Plug and Play yang terletak di bilangan Kuningan, Jakarta. 

Seperti yang dijanjikan, GK–Plug and Play akan menjalankan dua pogram akselerator setiap tahunnya. Sehingga startup di Indonesia yang belum sempat mendaftarkan diri pada angkatan kedua, dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi angkatan berikutnya.(Rilis/Dinda)

Baca juga: Plug and Play: 9 Startup Batch Pertama Siap Unjuk Gigi

Topik:

Berita Terkini Lainnya