Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi 

Pemilu tahun depan lebih semarak

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 12 dari 14 partai politik yang lolos ke tahap verifikasi faktual.

"Dari hasil penelitian administrasi kita, ada 12 parpol yang lanjut ke verifikasi faktual. Sementara dua lainnya tidak bisa melanjutkan," ujar Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (14/12) malam.

Sementara itu, Komisioner KPU Hasyim Azhari menuturkan, ada dua jenis dokumen yang menjadi syarat sebuah partai lolos penelitian administrasi perbaikan, yakni dokumen yang diserahkan ke KPU Pusat dan KPU Daerah.

Baca juga: KPU: 12 Parpol Lolos Verifikasi Administrasi

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Dokumen administrasi tersebut meliputi kepengurusan, keterwakilan perempuan, kantor, rekening dan keanggotaan.

"Dokumen parpol harus lengkap. Kepengurusannya mulai dari tingkat pusat sampai kecamatan. Kalau rekening bank itu yang dimiliki DPP hingga kabupaten atau kota," ucap Hasyim.

Berikut 12 partai politik yaang melaju ke tahap berikutnya;

1. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi Istimewa/Perindo

Partai ini didirikan oleh Hary Tanoesoedibjo, pengusaha yang bergerak dalam bidang media. Perindo sendiri di deklarasikan pada 7 Februari 2015 di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Lahirnya Partai Perindo diharapkan mampu menyejahterakan rakyat serta memperkuat demokrasi di Indonesia.  

2. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi Istimewa/PSI

Partai Solidaritas Indonesia didirikan pasca-Pemilu 2014 silam. Partai ini diketuai oleh mantan presenter berita Grace Natalie. Partai ini cenderung mengambil target partisipan kalangan anak muda, perempuan dan lintas agama.

Baca juga: KPU dan Komisi II DPR Bahas Persiapan Pilkada 2018 dan Pilpres 2019

Partai ini membawa platform tentang solidaritas, pluralitas beragama, suku, dan bangsa. Dan mengklaim kan mengisi tokoh-tokoh partai dengan anak muda dan tidak ingin adanya "bekas" politisi partai lain.

3. PDI Perjuangan 

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi merdeka.com

Berdirinya PDI Perjuangan dimulai dari pembentukan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 10 Januari 1973. PDI merupakan partai hasil fusi atau penggabungan beberapa partai politik antara lain Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Musyawarah Rakyat Banyak (Partai Murba), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) dan juga dua partai keagamaan Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dan Partai Katolik.

Seiring perjalanannya mengisi kancah perpolitikan nasional, tahun 1993 PDI mengalami perpecahan. Megawati yang terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum partai berlambang banteng tersebut, kemudian diganggu kepemimpinannya melalui kongres PDI di Medan tahun 1996 yang memilih Soerjadi sebagai Ketua Umum PDI yang baru.

Baca juga: Jokowi Jadi Magnet Terkuat dari PDI Perjuangan

Hasil kongres itu ditindaklanjuti dengan upaya pengambilalihan PDI dari kepemimpinan Megawati, hingga meletus peristiwa Kerusuhan 27 Juli 1996 (Kuda Tuli).

4. Partai Hanura 

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi metrotvnews.com

Partai Hanura dirintis oleh Wiranto bersama tokoh-tokoh nasional yang menggelar pertemuan di Jakarta pada tanggal 13-14 November 2006 silam. 

Forum tersebut melahirkan delapan kesepakatan penting. Di antaranya terkait kondisi lingkungan global, regional hingga semangat perjuangan yang memerlukan sebuah partai politik. 

Delapan kesepakatan itu kemudian ditindaklanjuti dalam wadah partai politik bernama Partai Hati Nurani Rakyat, disingkat Partai HANURA. Pendeklarasian partai ini diselenggarakan pada tanggal 21 Desember 2006 di Jakarta.

5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi metro.sindonews.com

Partai NasDem yang digelar 25-26 Januari 2013 di Jakarta menjadi tonggak berdirinya Partai NasDem. Berbagai keputusan penting dikeluarkan dalam kongres ini. Satu di antaranya memilih dan menetapkan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem periode 2013-2018. 

Keputusan tersebut diambil pada sidang pleno pertama tanggal 25 Januari 2013, dimana seluruh 33 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), 497 Dewan Pimpinan Daerah (DPD), dan empat organisasi sayap (Gerakan Massa Buruh, Liga Mahasiswa, Badan Avokasi Hukum, dan Petani NasDem), bersatu suara memercayakan Surya Paloh menjadi nakhoda Partai NasDem selama lima tahun.

6. Partai Amanat Nasional (PAN)

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi merdeka.com

Berdirinya Partai Amanat Nasional (PAN) tak terlepas dari sosok Amien Rais, sang lokomotif gerakan reformasi 1998. Pasca-menumbangkan Orde Baru, Amien Rais dan 49 rekan-rekannya yang tergabung dalam Majelis Amanat Rakyat (MARA) merasa perlu meneruskan cita-cita reformasi dengan mendirikan partai politik baru.

Majelis Amanat Rakyat (MARA) merupakan salah satu organisasi pergerakan reformasi pada era pemerintahan Soeharto, bersama dengan PPSK Yogyakarta, tokoh-tokoh Muhamadiyah, dan Kelompok Tebet kemudian membidani lahirnya Partai Amanat Nasional (PAN).

Awalnya partai politik yang berasaskan Pancasila ini sepakat dibentuk dengan nama Partai Amanat Bangsa (PAB). Namun akhirnya berubah nama menjadi Partai Amanat Nasional (PAN) pada 5-6 Agustus 1998 di Bogor.

Dan dideklarasikan pada tanggal 23 Agustus 1998 di Istora Senayan Jakarta. Pengesahan pendirian PAN sendiri berdasarkan pengesahan Depkeh HAM No. M-20.UM.06.08 tanggal 27 Agustus 2003.

7. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi republika.co.id

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) awalnya didirikan tanggal 20 Juli 1998 PKS dengan nama Partai Keadilan (disingkat PK) di Aula Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta. 

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) adalah sebuah partai politik berbasis Islam di Indonesia. Presiden (ketua) pertama partai ini adalah Nurmahmudi Isma'il.

Karena kegagalan PK memenuhi ambang batas parlemen di pemilihan umum, menurut regulasi pemerintah mereka harus mengganti nama. 

Pada 2 Juli 2003, Partai Keadilan Sejahtera dan menyelesaikan seluruh proses verifikasi Departemen Hukum dan HAM di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (setingkat provinsi) dan Dewan Pimpinan Daerah (setingkat kabupaten dan kota). Sehari kemudian, PK menjadi PKS. 

8. Partai Gerindra

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi jurnalpatrolinews.com

Partai Gerakan Indonesia Raya atau Partai Gerindra, didirikan dan di ketuai oleh Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto. Dan berdiri pada tanggal 6 Februari 2008. 

Pengurus dan aktivis partai ini dicirikan dengan pakaian safari lengan pendek dan panjang, serta kopiah hitam. Inspirasi nama Gerindra berasal dari nama partai lama, Perindra, yang merupakan pemberian langsung dari Presiden Soekarno

9. Partai Golkar

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi Tempo.co

Sejarah Partai Golkar bermula pada tahun 1964 dengan berdirinya Sekretariat Bersama (Sekber) Golkar di masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno. 

Sekber Golkar sendiri didirikan oleh golongan militer, khususnya perwira Angkatan Darat dan menghimpun berpuluh-puluh organisasi pemuda, wanita, sarjana, buruh, tani dan nelayan dalam Sekber Golkar.

Sekber Golkar didirikan pada tanggal 20 Oktober 1964. Sekber Golkar merupakan wadah dari golongan fungsional/golongan karya murni, yang tidak berada dibawah pengaruh politik tertentu. 

10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi indopolitika.com

Partai Persatuan Pembagunan (PPP) didirikan tanggal 5 Januari 1973. PPP merupakan  hasil fusi politik empat partai Islam saaat itu. Yakni Partai Nadhlatul Ulama, Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) dan Partai Islam Perti. 

Fusi ini menjadi simbol kekuatan PPP, yaitu partai yang mampu mempersatukan berbagai faksi dan kelompok dalam Islam. Untuk itulah wajar jika PPP kini memproklamirkan diri sebagai Rumah Besar Umat Islam.

PPP didirikan oleh lima deklarator yang merupakan pimpinan empat Partai Islam peserta Pemilu 1971 dan seorang ketua kelompok persatuan pembangunan, semacam fraksi empat partai Islam di DPR. Mereka adalah KH Idham Chalid, H.Mohammad Syafaat Mintaredja, SH, Haji Anwar Tjokroaminoto, Haji Rusli Halil dan Haji Mayskur. 

11. Partai Demokrat 

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi voa-islam.com

Partai Demokrat didirikan pada pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003, atas inisiatif Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bersama tim 9 yang terilhami oleh kekalahannya di pemilihan Calon Wakil Presiden dalam Sidang MPR tahun 2001.

Tim 9 tersebut beranggotakan 10 orang, yaitu Vence Rumangkang, Achmad Mubarok, A. Yani Wachid, Subur Budhisantoso, Irzan Tanjung, Heroe Syswanto Ns, RF. Saragih, Dardji Darmodihardjo, Rizald Max Rompas, dan T Rusli Ramli MS.

Tanggal 25 September 2001, terbit Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM Nomor M.MU.06.08.-138 tentang pendaftaran dan pengesahan Partai Demokrat. 

Dan pada tanggal 9 Oktober 2001, Departemen Kehakiman dan HAM RI mengeluarkan Lembaran Berita Negara Nomor 81 Tahun 2001 Tentang Pengesahan, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan tersebut Partai Demokrat telah resmi menjadi salah satu partai politik di Indonesia.

12. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Ini Sejarah Berdirinya 12 Partai Politik yang Lolos Verfikasi surabaya.bisnis.com

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berideologi Konservatisme di Indonesia. Partai ini didirikan di Jakarta pada tanggal 23 Juli 1998 (29 Rabi'ul Awal 1419 Hijriyah), yang dideklarasikan oleh para kiai-kiai Nahdlatul Ulama, seperti Munasir Ali, Ilyas Ruchiyat, Abdurrahman Wahid, A. Mustofa Bisri, dan A. Muhith Muzadi.

Baca juga: KPU Lakukan Uji Publik Peraturan Penyelenggaraan Pemilu 2019 


 

Topik:

Berita Terkini Lainnya