Hari Ini, Pasangan Calon Kepala Daerah Mulai Datangi KPU 

Lakukan pendaftaran sebagai peserta Pilkada 

Jakarta, IDN Times - Rabu(10/1) pagi, beberapa pasangan bakal calon yang akan maju sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di daerah, akan mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi guna melakukan pendaftaran.

Baca juga: KPK Telah Menerima 395 Laporan Harta Kekayaan Milik Calon Peserta Pilkada

1. Dua pasangan calon di Jawa Timur 

Hari Ini, Pasangan Calon Kepala Daerah Mulai Datangi KPU ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Di provinsi Jawa Timur, bakal calon dijadwalkan melakukan pendaftaran. Mengingat hari ini menjadi momen terakhir penyerahan pendaftaran sebagai peserta. 

"Hari ini, memang terakhir pendaftaran peserta untuk Pilkada Jatim dan ditunggu hingga pukul 24.00 WIB," kata Ketua KPU Jatim Eko Sasmito sebagaimana dilansir Antara

Dua pasangan calon yang akan mendaftar adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung koalisi Partai Demokrat (13 kursi), Partai Golkar (11 kursi), PPP (5 kursi), PAN (7 kursi), Partai Nasdem (4 kursi) dan Partai Hanura (2 kursi) serta didukung PKPI (non-parlemen).

Pasangan lainnya adalah Saifullah Yusuf yang pendampingnya akan diumumkan pada Rabu ini dengan diusung PKB (20 kursi), PDIP (19 kursi), dan PKS (6 kursi).

Baca juga: Kapolri Akan 'Nonjob-kan' Personel Polri yang Ikut Pilkada Serentak 2018

2. Pasangan calon di NTB

Hari Ini, Pasangan Calon Kepala Daerah Mulai Datangi KPU ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Setelah mengantongi restu dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Ahyar Abduh dan Mori Hanafi akan melakukan pendaftaran. 

Sementara itu, pasangan Zulkiflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah dijadwalkan akan melakukan hal yang sama di hari terakhir pendaftaran ke KPU Nusa Tenggara Barat.

"Informasi yang kami terima, pasangan Ahyar-Mori akan mendaftar siang ini. Sementara pasangan Zul-Rohmi akan mendaftar sore harinya," kata Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori sebagaimana dilansir Antara. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Kamu Tahu soal Syarat Pendaftaran Calon di Pilkada 2018

Hari Ini, Pasangan Calon Kepala Daerah Mulai Datangi KPU IDN Times/Sakti

Sebagaimana diketahui, pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Ahyar Abduh dan Mori Hanafi diusung sejumlah partai politik di antaranya Gerindra, PDIP, PPP, PAN dan PBB. 
Sedangkan, pasangan Zulkiflimansyah dan Sitti Rohmi Djalilah di dukung partai Demokrat dan PKS.

Hingga saat ini, tambahnya, untuk pendaftar bakal calon gubernur/wakil gubernur sendiri, sudah dua orang. 

Yakni pasangan Moch Ali Bin Dahlan dan TGH Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni (Ali-Sakti) dan pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur Moh Suhaili FT dan Muhammad Amin (Suhaili-Amin). Kedua pasangan tersebut mendaftar pada hari pertama, Senin (8/1) lalu. 

Dimana pasangan Ali-Sakti maju melalui jalur perseorangan (independen) dan pasangan Suhaili-Amin maju melalui dukungan partai politik di antaranya Golkar, Nasdem dan PKB.

Baca juga: 3 Bintang Tarung di Pilkada Jabar, Deddy Mizwar: Saya Juga Jenderal Naga Bonar

Topik:

Berita Terkini Lainnya