Gunung Agung Meletus, Ribuan Warga Bali Dievakuasi 

Kepulan asap hingga 700 meter 

Laporan IDN Times, Fitang Budhi Adhitia

Jakarta, IDN Times - Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali meletus pada Selasa(21/11) pukul 17.05 WITA. Sontak ribuan warga yang bermukim disekitaran Gunung Agung pun diungsikan.

"Hingga saat ini, jumlah pengungsi Gunung Agung sebanyak 29.245 jiwa dan berada di 278 titik pengungsian. BNPB terus melakukan koordinasi dengan PVMBG. Unsur terkait lainnya pun terus menyiapkan upaya penanganan terkait dengan meletusnya Gunung Agung," Kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Infornasi dan Humas BNPB dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca juga: Pengungsi Gunung Agung Bisa Manfaatkan Airbnb Gratis

Gunung Agung Meletus, Ribuan Warga Bali Dievakuasi ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Sutopo juga mengatakan hingga saat ini letusan masih berlangsung dengan kondisi asap tebal mencapai ketinggian 700 meter diatas puncak.

"Hingga saat ini, letusan masih berlangsung dengan asap kelabu tebal dengan tekanan sedang hingga tinggidi atas puncak. Abu letusan bertiup ke arah Timur - Tenggara,"jelasnya.

Gunung Agung Meletus, Ribuan Warga Bali Dievakuasi ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

BNPB pun menghimbau agar warga tetap tenang dan mengikuti arahan dari PVMBG, serta menjauh dari area meletusnya Gunung Agung hingga radius 7,5 Kilometer. 

"Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan Ikuti semua rekomendasi dari PVMBG. Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km, dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 7,5 Kilometer," terangnya.

Baca juga: Dalam Seminggu, Ada 4 Pengungsi Gunung Agung yang Wafat Karena Sakit

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya