Gempa Buat Penghuni Apartemen di Jakarta Barhamburan

Panik dan mencoba turun dari lantai 28

Jakarta, IDN Times - Dua kali guncangan gempa dengan frekuensi berbeda juga dirasakan oleh warga Jakarta yang sekitarnya.

Seperti yang rasakan oleh seorang warga yang bermukim di apartemen Bassura Jakarta Timur, Monica,, yang merasakan guncangan gempa sangat dirasakan olehnya dan suaminya. Bahkan guncangan tersebut sempat membuat dirinya turun langsung ke lantai dasar.

"Aku sempat panik tadi sama suami. Bahkan turun langsung ke lantai dasar dari lantai 28," kata Monica yang saat ini tengah hamil muda saat dihubungi IDN Times, Sabtu(16/12) dini hari.

Gempa Buat Penghuni Apartemen di Jakarta Barhamburan

Sementara itu, Ari, seorang warga Cimahi mengaku gempa besar tersebut sangat dirasakan sekitar pukul 23.50 WIB. 

"Di sini, Gempanya sangat terasa kerasa kenceng banget. Sampai kasur kamarku goyang-goyang, lantai juga. Hampir mau mau lompat keluar tadi," ujar Ari melalui pesan singkatnya kepada IDN Times.

Sebelumnya dua kali gempa bumi berkekuatan besar mengguncang wilayah Provinsi Jawa Barat pada waktu yang berbeda, Jumat(16/12) malam

Gempa pertama kali terasa sekitar pukul 23.04 WIB, terjadi di koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 Km Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 50 km.

Sementara itu, gempa yang kedua terjadi dengan skala 7,3 SR di posisi 8.03 LS, 108.04 BT atau 43 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, dengen kedalaman 105 kilometer.

Gempa Buat Penghuni Apartemen di Jakarta Barhamburan

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade  I SIG-BMKG (III MMI), Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Joko Siswanto, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan membenarkan adanya gemp[a tersebut. Dan kedalaman gempa termasuk masih sangat  dangkal akibat aktivitas  subduksi  lempeng  Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

"Sementara ini belum ada lagi gempa susulan, untuk itu kepada masyarakat di daerah wilayah Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang,"jelasnya

Dua gempa tersebut membuat BMKG mengeluarkan peringatan dini Tsunami untuk wilayah Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya