Dukung Anies dan Sandiaga Tetapkan UMP Rp 3,9 Juta, Ribuan Buruh Turun ke Jalan 

UMP 2018 sangat ideal dan realistis 

Ribuan buruh dan pekerja dari berbagai aliansi dan serikat akan kembali turun dan menyuarakan aspirasinya terkait penetapan upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp3,9 juta di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa(31/10).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangan tertulis kepada IDN Times menyebutkan akan ada tiga ribu buruh yang  turun dalam aksi tersebut. Dan mereka semua tergabung dalam Gerakan Buruh Jakarta (GBJ). 

Dukung Anies dan Sandiaga Tetapkan UMP Rp 3,9 Juta, Ribuan Buruh Turun ke Jalan merdeka.com

Aksi tersebut terbilang sengaja, guna memberikan dukungan kepada Kepala Daerah Jakarta dalam menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta sebesar Rp 3,9 juta.

"Angka Rp 3,9 juta disesuikan dengan hasil survei kebutuhan hidup layak (KHL) di Jakarta yang sudah disepakati Dewan Pengupahan yaitu sebesar Rp 3,6 juta ditambahkan nilai inflasi dan pertumbuhan ekonomi DKI," katanya sebagaimana dilansir antara.

Dukung Anies dan Sandiaga Tetapkan UMP Rp 3,9 Juta, Ribuan Buruh Turun ke Jalan ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Sebelumnya, para pengusaha mengusulkan UMP 2018 sebesar Rp3,6 juta, dengan perhitungan formula kenaikan upah yang diatur dalam PP 78/2015.

"Jika ditambahkan dengan inflasi dan pertumbuhan ekonomi, nilai UMP 2018 sebesar Rp 3,9 Juta sangatlah ideal dan realistis,"terangnya.(*) 

Topik:

Berita Terkini Lainnya