[BREAKINGNEWS] Dua Kali Gempa Berkekuatan Besar Goyang Sukabumi

BMKG Keluarkan peringatan diniTsunami

Jakarta, IDN Times - Dua kali gempa bumi berkekuatan besar mengguncang wilayah Provinsi Jawa Barat pada waktu yang berbeda, Jumat(16/12) malam

Gempa pertama kali terasa sekitar pukul 23.04 WIB , terjadi di koordinat  7.29 LS  dan  106.69 BT, tepatnya  pada  jarak  48  Km  Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 50 km.

Baca juga: Ketinggian Air di Pantai Pangandaran Naik 

[BREAKINGNEWS] Dua Kali Gempa Berkekuatan Besar Goyang Sukabumi

Sementara itu, gempa yang kedua terjadi dengan skala 7,3 SR di posisi 8.03 LS, 108.04 BT atau 43 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, dengen kedalaman 105 kilometer.

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade  I SIG-BMKG (III MMI), Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

[BREAKINGNEWS] Dua Kali Gempa Berkekuatan Besar Goyang Sukabumi

Joko Siswanto, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan membenarkan adanya gemp[a tersebut. Dan kedalaman gempa termasuk masih sangat  dangkal akibat aktivitas  subduksi  lempeng  Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

"Sementara ini belum ada lagi gempa susulan, untuk itu kepada masyarakat di daerah wilayah Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang,"jelasnya

Dua gempa tersebut membuat BMKG mengeluarkan peringatan dini Tsunami untuk wilayah Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Baca juga: Gempa Buat Penghuni Apartemen di Jakarta Barhamburan

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya