BNPB dan BMKG Cabut Peringatan Tsunami Pasca-Dua Kali Gempa di Jawa Barat

Alhamdulillah, mari kembali ke rumah masing-masing

Jakarta, IDN Times - Sabtu(16/12) sekitar pukul 02.30 WIB, Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencabut peringatan bahaya Tsunami setelah terjadi dua gempa berkuatan cukup besar sekitar pukul 23.47 WIB pada Jumat(15/12). 

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa 6,9 SR, dinyatakan telah berakhir," tulis BMKG di akun Twitternya.

Baca juga: Humas BNPB: Satu Warga Meninggal Dunia Akibat Tertimpa Reruntuhan Bangunan

Hal senada juga dingkapkan oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mengatakan peringatan dini Tsunami telah dicabut.

"Peringatan dini tsunami yang disebabkan oleh gempa mag 6,9 SR, tanggal: 15-Dec-17 23:47:58 WIB, telah berakhir Sabtu (16/12) pukul 02.30 WIB. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk pulang ke rumah masing-masing dengan tenang,"tulisnya dalam akun Twitternya. 

Baca juga: Dinding Bangunan Rumah Sakit Ini Alami Retak-retak

BNPB dan BMKG Cabut Peringatan Tsunami Pasca-Dua Kali Gempa di Jawa Barattwitter.com/BMKG

Sebelumnya dua kali gempa bumi berkekuatan besar mengguncang wilayah Provinsi Jawa Barat pada waktu yang berbeda, Jumat (16/12) malam.

BNPB dan BMKG Cabut Peringatan Tsunami Pasca-Dua Kali Gempa di Jawa Barattwitter.com/Sutopo Purwo Nugroho

Gempa pertama kali terasa sekitar pukul 23.04 WIB, terjadi di koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 Km Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 50 km.

Sementara itu, gempa yang kedua terjadi dengan skala 7,3 SR di posisi 8.03 LS, 108.04 BT atau 43 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, dengen kedalaman 105 kilometer.

Baca juga: Warga Jakarta: Kaca Sampai Pecah dan Sempat Berebut Lift  

Topik:

Berita Terkini Lainnya