[BERITAFOTO] Puluhan Rumah Rusak di Provinsi Jabar Pasca-Diguncang Gempa

Kerusakannya cukup parah

Jakarta, IDN Times - Warga di Provinsi Jawa Barat kembali mengalami guncangan genpa utuk ketiga kali dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Dimana pada gempa pertama dirasakan warga pada Jumat(15/12) sekitar pukul 23.04 WIB , terjadi di koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 Km Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat dengan kedalaman 50 km.

Sementara, gempa yang kedua terjadi dengan skala 7,3 SR di posisi 8.03 LS, 108.04 BT atau 43 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, dengen kedalaman 105 kilometer.

Baca juga: Cek Fakta: Prediksi Gempa dan Tsunami  di 11 Negara Sebelum Desember 2017

[BERITAFOTO] Puluhan Rumah Rusak di Provinsi Jabar Pasca-Diguncang GempaANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Kini pada pukul 07.22 WIB, gempa berkekuatan 5,7 SR kembali terjadi di wilayah Garut di koordinat 8.09 LS, 106.76 BT di 129 kilometer Barat Daya Garut dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa kali ini sangat dirasakan oleh warga setempat. 

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan saat ini penanganan darurat dampak gempa bumi masih terus dilakukan. 

"Data sementara yang dihimpun Pusdalops BNPB berdasarkan laporan BPBD, dampak gempabumi menyebabkan 2 orang meninggal dunia, 7 orang luka, 43 rumah rusak berat dan roboh, 65 rumah rusak sedang, 10 rumah rusak ringan, dan beberapa bangunan publik mengalami kerusakan,"jelasnya.

Daerah yang terdampak gempa yang merusak terdapat di Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Garut, Cilacap, Kebumen, Kota Pekalongan, Banyumas, Brebes dan Banjarnegara. 

Berikut foto-foto suasana pascagempa yang terjadi di beberapa wilayah;

1. Kondisi rumah sakit rusak parah

[BERITAFOTO] Puluhan Rumah Rusak di Provinsi Jabar Pasca-Diguncang GempaANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Kondisi ruangan hemodialisa yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi magnitude 6,9 SR, di RSUD Banyumas, Jawa Tengah. 

Baca juga: 2 Orang Meninggal dan Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Jabar-Jateng

Gempa bumi magnitude 6,9 SR yang terjadi pada Jumat (15/12) tengah malam, mengakibatkan sejumlah bangunan di rumah sakit ini mengalami kerusakan, hingga sejumlah pasien terpaksa dievakuasi di pelataran parkir. 

2. Banyak rumah warga rusak 

[BERITAFOTO] Puluhan Rumah Rusak di Provinsi Jabar Pasca-Diguncang GempaANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Warga tengah membersihkan material reruntuhan bangunan rumah pascagempa bumi di Desa Sumelap, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

3. Pasien rumah sakit dievakuasi ke parkiran

[BERITAFOTO] Puluhan Rumah Rusak di Provinsi Jabar Pasca-Diguncang GempaANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Sejumlah petugas melakukan penanganan medis terhadap pasien yang dievakuasi di pelataran parkir, akibat gempa 6,9 SR, di RSUD Banyumas, Jateng. Sebanyak 53 pasien terpaksa diavakuasi di pelataran parkir, akibat gempa.

4. Tertimpa bahan bangunan, tapi selamat

[BERITAFOTO] Puluhan Rumah Rusak di Provinsi Jabar Pasca-Diguncang GempaANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Seorang anak kecil selamat, setelah tertimbun reruntuhan rumah yang ambruk akibat gempa bumi di Desa Sumelap, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,

Baca juga: Belum 24 Jam, Provinsi Jawa Barat Kembali Diguncang Gempa Susulan

Topik:

Berita Terkini Lainnya