Wajib Tahu, Begini Rekayasa Lalu Lintas Selama Penataan Tanah Abang yang Baru

Ayo mulai naik angkutan umum aja

Jakarta, IDN Times – Dalam melakukan penataan kawasan Tanah Abang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di sekitar Tanah Abang. Selain itu ada juga penutupan jalan untuk lokasi berdagang dan pengalihan arus lalu lintas yang diberlakukan dari pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Rekayasa lalu lintas ini diberlakukan agar masyarakat beralih ke transportasi umum

“Yang direkayasa hanya sekitar 400 meter saja. Selebihnya tetap menggunakan jalur tersebut. Misal penumpang turun dari Tanah Abang lama, dia bisa naik shuttle Transjakarta untuk menjangkau angkot yang sudah kita lakukan rekayasa,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Kadishubtrans) Andri Ansyah di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/12).

Baca juga: Penataan Tanah Abang, Blok G Kena Gusur?

Wajib Tahu, Begini Rekayasa Lalu Lintas Selama Penataan Tanah Abang yang BaruANTARAFOTO/Galih Pradipta

 

Rincian rekayasa lalu lintas sebagai berikut.

  1. Lalu lintas Kendaraan dari Timur (Jl. Fachrudin) dan Utara (Jl. Cideng Timur) menuju Jl. Kb. Jati dialihkan menuju Jalan KS. Tubun Raya (Flyover) - Jl. KS. Tubun 1 (PLN) – Jl. KS. Tubun Raya – Jl. Kb. Jati.
  2. Lalu lintas kendaraan dari arah Selatan (Jl. KS. Tubun Raya) yang akan menuju Jl. Jatibaru Raya dialihkan menuju Jl. Kb. Jati – Jl. K.H. Mas Mansyur dan seterusnya.
  3. Rute angkutan umum bus besar dari arah Timur (Jl. Fachrudin) – Jl. KS. Tubun Raya (Flyover) – Jl. Brigjend Katamso -  berputar di depan Hotel Menara Peninsula – Jl. Brigjend Katamso – Jl. KS. Tubun Raya – Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.
  4. Rute angkutan umum bus sedang melalui ruas Jalan K.H. Mas Mansyur – Jalan Kb. Jati – Jalan Jembatan Tinggi – Jalan KS. Tubun Raya – Jalan Kb. Jati – Jalan K.H. Mas Mansyur.
  5. Rute angkutan umum bus kecil / mikrolet (M.08, M.10) berputar di bawah flyover Jatibaru (Jl. Jatibaru Raya).
  6. Rute angkutan umum bus kecil / mikrolet (M. 09, M 09A, M. 11) melalui ruas Jalan KS. Tubun Raya – Jalan Kb. Jati -  Jalan Jembatan Tinggi – Jalan KS. Tubun Raya.
  7. Ruas Jl. KS Tubun 1 (PLN) yang semula dua arah menjadi satu arah dari Utara ke Selatan (Jl. KS Tubun 1 – Jl. KS. Tubun Raya) dari pukul 08.00 – 18.00 WIB;
  8. Larangan belok kiri untuk arus lalu lintas dari Timur ruas Jl. KS. Tubun Raya yang akan menuju ruas Jl. KS. Tubun 1 dari pukul 08.00 – 18.00 WIB (kecuali penghuni);
  9. Penutupan terhadap lokasi putaran (U-turn) pada ruas Jl. KS. Tubun Raya (depan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebon Jeruk Dua)

Baca juga: Konsep Baru Penataan Tanah Abang yang Perlu Kamu Tahu

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya