Ini Titik-titik Konsentrasi Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Hindari jalan-jalan ini biar gak macet ya guys

Jakarta, IDN Times –  Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan serangkaian aksi pada Selasa (1/5) dalam rangka Hari Buruh Internasional (May Day).

Aksi ini akan diikuti hampir satu juta buruh di 25 provinsi dan 200 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Di Jakarta, aksi akan terkonsentrasi di sejumlah titik. Berikut lokasinya.

1. Aksi di Istana Negara, buruh kumpul di Patung Kuda

Ini Titik-titik Konsentrasi Aksi Peringatan Hari Buruh InternasionalIDN Times/Istimewa

Sebanyak 150 ribu buruh dari Jabodetabek, Serang, Karawang dan Purwakarta. Buruh akan berkumpul di Patung Kuda dekat Monumen Nasional (Monas) pukul 10.00 wib.

“Setelah itu massa aksi akan long march ke Istana Presiden,” kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam keterangan persnya, Senin (30/1).

Aksi di Istana akan berlangsung hingga pukul 13.00 wib.

Baca juga: Siaga Hari Buruh Internasional, Polri: Kami Siapkan Konsep Mayday Is Funday

2. Lanjut ke Istora Senayan lakukan deklarasi calon presiden

Ini Titik-titik Konsentrasi Aksi Peringatan Hari Buruh InternasionalANTARA FOTO/Risky Andrianto

Setelah aksi di Istana Negara, buruh bergerak ke Istora Senayan untuk merayakan May Day. Satu agenda yang akan mereka lakukan di Istora Senayan adalah deklarasi calon presiden RI 2019 - 2024 yang akan di pilih dan di dukung buruh Indonesia.

3. Aksi di kota lainnya dikonsentrasikan di pusat pemerintahan

Ini Titik-titik Konsentrasi Aksi Peringatan Hari Buruh InternasionalANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Buruh juga akan menggelar aksi serupa di kota-kota di Indonesia seperti aksi di Surabaya yang mengakomodir 50 ribu buruh se Jawa Timur di depan kantor gubernur. 15 ribu buruh se Jawa Tengah di depan kantor gubernur. 15 ribu buruh se Kepulauan Riau di depan kantor wali kota Batam.

2 ribu buruh di Aceh. 10 ribu buruh Sumatera Utara, ribuan buruh Jawa Barat, dan lain-lainnya akan melakukan aksi di depan kantor gubernur masing masing.

4. Sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian

Ini Titik-titik Konsentrasi Aksi Peringatan Hari Buruh InternasionalIDN Times/Rudy Bastam

KSPI dan serikat buruh lainnya semalam (29/4) telah di undang oleh Kapolda Metro Jaya dan seluruh jajarannya untuk berdialog tentang pelaksanaan May Day tersebut.

“Kapolda merespon baik rencana aksi buruh saat May Day dan meminta buruh melakukan aksi dengan tertib dan damai serta tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya. KSPI menjamin di seluruh Indonesia, anggotanya akan melakukan aksi May Day dengan aksi damai dan tertib,” jelas Said.

“Pada kesempatan tersebut KSPI menyatakan bahwa May Day is not fun day. May Day is not holiday. May Day is struggling of labour issue,” pungkasnya.

Baca juga: Ini Upaya Pemerintah Dorong UMKM Melek Digital

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya