Pemboman Tiga Gereja Jadi Pukulan Terberat Bagi Warga Surabaya

Wakil Wali Kota menjamin warga Surabaya tetap bisa beribadah dengan tenang

Surabaya, IDN Times - Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana menyesalkan meledaknya tiga bom di tiga gereja berbeda di Surabaya. Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap tenang pasca terjadi beberapa aksi teror pada Minggu (13/5). 

Apalagi banyak berselieweran informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya. 

“Ini pukulan terberat buat kami, dan ini yang terkahir kami harapkan,” kata Wisnu dalam wawancaranya dengan salah satu radio pada Minggu (13/5).

Wisnu menjamin walau sempat dilanda teror bom, warga Surabaya dapat beraktivitas dengan aman. Apalagi yang ia sampaikan?

1. Masyarakat tetap bisa beribadah dengan tenang

Pemboman Tiga Gereja Jadi Pukulan Terberat Bagi Warga SurabayaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Wisnu juga mengatakan telah mengerahkan elemen-elemen terkait untuk mengamankan tempat ibadah lainnya. Ia menjamin warga tetap bisa beribadah dengan tenang. Termasuk menempatkan polisi di ketiga gereja yang diserang untuk sterilisasi lingkungan.

“Seluruh elemen sudah bergerak ke tempat-tempat vital, khsususnya tempat ibadah, sehingga bisa melaksanakan ibdah dengan tenang,” kata Wisnu memberikan jaminan. 

Baca juga: Bom Goncang Tiga Gereja di Surabaya: Berikut Fakta-Fakta Sementaranya

2. Jangan termakan hoax

Pemboman Tiga Gereja Jadi Pukulan Terberat Bagi Warga SurabayaIDN Times/Faiz Nashrillah

Wisnu juga meminta masyarakat agar tidak panik dan termakan serta menyebarkan hoax atau berita bohong tentang serangan bom ini.

“Kami sudah sampaikan kepada masyarakat Surabaya untuk tidak panik. Banyak berita hoax dan saya pastikan (bom hanya) ada di tiga lokasi,” katanya.

3. Belasan korban luka dan meninggal dibawa ke rumah sakit

Pemboman Tiga Gereja Jadi Pukulan Terberat Bagi Warga SurabayaSIAGA. Personel Gegana bersiaga di lokasi pengeboman. Foto oleh Juni Kriswanto/Rappler

 

Wisnu mendapatkan data korban luka 15 orang dan 3 orang meninggal di mana salah satunya anak kecil. Ia juga menyebut luka yang dialami korban adalah luka bakar.

“Kurang lebih 15-20 yang luka dan meninggal. Sudah dirujuk semua ke rumah sakit,” kata dia. 

Baca juga: Pasca Ledakan Bom, Polda Jatim Minta Semua Gereja di Surabaya Ditutup

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya