Terinspirasi Jepang, Sandiaga Ingin Ada 'Dufan' Gempa untuk Anak-anak

Kalau jadi dibuat bakal seru nih sepertinya

Jakarta, IDN Times -  Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin agar ada pelatihan gempa yang melibatkan anak-anak usia SD dan SMP. Pelatihan ini dinilai penting karena gempa bisa sewaktu-waktu menghantam Jakarta.

1. Terinspirasi dari Jepang

Terinspirasi Jepang, Sandiaga Ingin Ada 'Dufan' Gempa untuk Anak-anakIDN Times/Helmi Shemi

Ide pelatihan gempa bagi anak-anak yang ia cetuskan terinspirasi saat ia berkunjung ke Jepang pekan lalu. Di sana terdapat taman tempat simulasi gempa yang tiap harinya dikunjungi 1.000-2.000 murid. Nama taman itu adalah The Tokyo Rinkai Disaster Prevention Park.

“Kemarin di Jepang, saya datang ke disaster prevention park. Jadi kayak Ancol, mereka bikin tidak terlalu besar di situ disimulasikan gempa itu seperti apa, bagaimana antisipasinya,” ujar Sandiaga di Auditorium BMKG Jakarta, Rabu (28/2).

Baca juga: JANGAN PANIK: Hal-hal yang Harus Dilakukan Saat Gempa

2. Serunya The Tokyo Rinkai Disaster Prevention Park

Terinspirasi Jepang, Sandiaga Ingin Ada 'Dufan' Gempa untuk Anak-anakIDN Times/Helmi Shemi

Di Jepang, Sandiaga mengungkapkan bentuk disaster prevention park seperti lift atau elevator bergoyang dan terdapat kuis yang mengharuskan para murid menjawab berapa kekuatan gempa tersebut dan apa yang harus mereka lakukan setelah terjadi gempa.

“Lalu liftnya bergoyang. Bagaimana dalam keadaan itu. Itu ada kuisnya. Gempa angka segini, apa yang harus dilakukan. Nah mereka harus menjawab melalui aplikasi. Keluar dari lift, melihat setelah gempa ini keadaannya seperti, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dihindari. Itu berbasis pengalaman melewati musibah ini dan ada simulasinya,” ungkap Sandiaga.

3. Bekerja sama dengan BMKG

Terinspirasi Jepang, Sandiaga Ingin Ada 'Dufan' Gempa untuk Anak-anakNTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Sandiaga mengakui pemahaman warga soal gempa masih kurang dan harus terus disosialisasikan. Ia berharap disaster prevention park di Jepang dapat diwujudkan di Jakarta dengan bekerja sama dengan BMKG.

“Harus sosialisasi, edukasi. Dan kita mencoba satu terobosan baru yaitu edutainment. Dengan semacam park. Semacam dufan-nya. Tapi dufannya ini yang bisa simulasikan bencana seperti apa. Alhamdulillah DKI punya banyak lahan. Mungkin dengan BMKG bekerja sama membuat semacam park,” harapnya.

Baca juga: Sandiaga: Jakarta Belum Siap Hadapi Gempa 8,7 SR

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya