Jakarta, IDN Times – Dua tahun pasca penggusuran Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menegaskan komitmen mereka membangun Kampung Akuarium. Pernyataan itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

“Pembangunan Kampung  Akuarium akan terus berlanjut,” kata Sandiaga di Cipayung, Jakarta Timur, Senin (16/4).

1. Pembangunan melibatkan warga

Pembangunan Kembali Kampung Akuarium akan Melibatkan WargaIDN Times/Uni Lubis

Sandiaga mengatakan pembangunan Kampung Akuarium ini akan melibatkan peran serta warga dengan menampung aspirasi mereka.

“Perumahan yang selama ini hanya menjadi puing, ini bisa segera dibangun dan keterlibatan masyarakat kami harapkan menjadi suatu yang sangat strategis, bahwa mereka dilibatkan dalam penataan kampung mereka,” jelasnya.

Baca juga: Dua Tahun Setelah Penggusuran, 24 Warga Kampung Akuarium Meninggal Dunia 

2. Rumah dengan skema sewa?

Pembangunan Kembali Kampung Akuarium akan Melibatkan WargaIDN Times/Uni Lubis

Sandiaga masih akan melihat skema pembangunan Kampung Akuarium ini. Menurutnya harus ada pemetaan masyarakat seperti faktor ekonomi, sosial dan pendidikan.

“Nanti akan dilihat skemanya, apakah ini masuk ke dalam skema mereka bisa menyewa. Karena kita tidak bisa hanya mendorong apa yang diinginkan oleh pemprov. Kami ingin juga menangkap aspirasi dari warga sekitar,” ujar politikus Gerindra ini.

3. Kapan dibangunnya, segera setelah pemetaan tentang yang diinginkan masyarakat

Pembangunan Kembali Kampung Akuarium akan Melibatkan WargaIDN Times/Helmi Shemi

Warga Kampung Akuarium kini menempati hunian sementara (shelter) yang dibangun Pemprov DKI Jakarta. Namun Sandiaga belum bisa memastikan kapan Kampung Akuarium tersebut akan dibangun agar dapat digunakan warga.

“Kami akan bangun segera setelah kami petakan apa yang masyarakat inginkan. Nanti akan kami temukan kesepakatannya baru setelah itu kami akan eksekusi,” ucapnya.

Baca juga: 5 Pesan Menyentuh Anies dalam Peringatan 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium