Resmikan Pertanian Urban, Ini Harapan Sandiaga

Solusi bercocok tanam di perkotaan

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan pertanian urban di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Ia berharap warga dapat terus menggalakkan program ini karena memiliki sejumlah manfaat seperti menjaga stabilitas harga pangan, menciptakan lapangan pekerjaan dan edukasi masyarakat. 

"Mandat sangat jelas untuk stabilitas harga pokok dalam pengadaan bahan pangan. Kita harus pastikan gejolak harga pangan, karena yang paling terdampak masyarakat tidak mampu. Urban farming (pertanian urban) ini mampu menyerap lapangan kerja, edukasi bertani, ketiga untuk stabilitas harga," kata Sandiaga, Kamis (28/12).

Baca juga: Tanggapi Kebijakan Baru Lalu Lintas Tanah Abang, Ini 3 Catatan Dari Polda Metro Jaya

Berikut harapan Sandi:

1. Minta BUMD beli hasil panen warga 

Resmikan Pertanian Urban, Ini Harapan Sandiaga IDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga meminta agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat menampung dan membeli hasil panen pertanian urban warga. 

"Setiap BUMD wajib membeli jika ada surplus di sini. Tidak boleh was-was jika hasilnya tidak dapat dinikmati. Hasil pertanian ini kita pastikan terbeli. Supaya ada hasil ekonomis," kata mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini. 

2. Selain BUMD, Sandiaga mau supermarket beli hasil panen warga 

Resmikan Pertanian Urban, Ini Harapan Sandiaga IDN Times/Helmi Shemi

Tidak hanya meminta BUMD menampung dan membeli hasil panen warga, politikus Gerindra ini juga mengatakan akan menggerakkan sejumlah supermarket seperti Kem Chicks, Carrefour, Alfamart, JakGrosir, Jakmart dan OK-OCE mart. 

"Jadi ini (urban farming) harus kita hadirkan sinerginya dengan BUMD paling tidak. Setelah itu dunia usaha lain akan saya kerahkan, Kem Chick, Carrefour, Alfamart, JakGrosir, Jakmart , OK-OCE mart kita harus rangkul semua. Supaya produknya bisa diserap masyarakat," jelas Sandiaga. 

3. Urban farming di rusun 

Resmikan Pertanian Urban, Ini Harapan Sandiaga IDN Times/Helmi Shemi

Selain di gang dan halaman rumah warga, Sandiaga juga ingin pertanian urban ini hadir di rumah susun (rusun). 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Darjamuni menyebut ada 15 rusun yang menjadi target pertanian jenis ini. 

"Kita target ada 15 rusun yang tematik," kata Darjamuni. 

"Jadi semua ada temanya ya pak. Di (rusun) Pesakih itu temanya urban farming, Cibesel juga," pungkas Sandiaga. 

Sandiaga juga sempat berkeliling melihat hasil produksi pertanian warga seperti memetik anggur dan melihat produk UMKM yang ada di sekitar. 

Baca juga: Polisi Masih Buru Wanita Penyuplai Sabu untuk Tio Pakusadewo

 

 

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya