Partai Solidaritas Indonesia Siap Lahir Batin Untuk Verifikasi Faktual

Mereka yakin bakal lolos

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menyatakan, partainya berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan proses verifikasi faktual Pemilu 2019. 

Sejak masuk tahap penelitian administrasi bersama 11 partai lainnya, PSI berupaya melakukan verifikasi faktual di sejumlah daerah seperti di Maluku, Jawa Barat dan Lampung.

"Hari ini, akan ada di Sultra (Sulawesi Utara), Gorontalo, dan sebagainya. Semua sudah berjalan seperti apa yang kita plan," kata Antoni di DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta, Sabut (16/12).

Toni, sapaan akrabnya menegaskan PSI telah siap lahir batin untuk bisa lolos tahapan verifikasi faktual ini. "InsyaAllah Kita berusaha sebaik mungkin lahir batin untuk lolos verifikasi KPU ini," tutupnya.

Baca juga: Giring 'Nidji' Lulus Tes Bakal Caleg dari Partai Solidaritas Indonesia

Partai Solidaritas Indonesia Siap Lahir Batin Untuk Verifikasi FaktualIDN Times/Helmi Shemi

Sebelumnya KPU menyampaikan hasil penelitian administrasi perbaikan 14 partai politik calon peserta Pemilu tahun 2019. Hasilnya, 12 partai politik dinyatakan lolos ke tahap verifikasi faktual. Mereka adalah Partai Perindo, PSI, PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Nasdem, PAN, PKS, Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, Partai Demokrat dan PKB. Sementara Partai Berkarya dan Partai Garuda tidak masuk tahapan verifikasi faktual.

Baca juga: Ini Tantangan Partai Solidaritas Indonesia Jalani Verifiasi Faktual dari KPU

Partai Solidaritas Indonesia Siap Lahir Batin Untuk Verifikasi FaktualIDN Times/Helmi Shemi

KPU menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sebagai rujukan verifikasi faktual di lapangan.

Verifikasi faktual akan berakhir pada 4 Januari 2018. Kemudian, pada 17 Februari 2018 sudah bisa diumumkan parpol peserta pemilu 2019.

Baca juga: Meski Banyak Calegnya Perempuan, Partai Solidaritas Indonesia Ingin Lebih 'Cantik'

Topik:

Berita Terkini Lainnya