Pembuatan Ondel-ondel Berwajah Raisa Sulit Direalisasikan, Ini 3 Alasannya

Ide pak Sandiaga ada-ada aja ya?

Jakarta, IDN Times - Keinginan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ada ondel-ondel berwajah artis Raisa, sepertinya akan pupus. Sebab, seorang pemerhati budaya Betawi yang juga pengerajin ondel-ondel, Davi, menyatakan pesimis.

Ada empat kendala yang harus diperhatikan dalam membuat ondel-ondel berwajah artis atau orang.

1. Harus izin dengan Raisa

Pembuatan Ondel-ondel Berwajah Raisa Sulit Direalisasikan, Ini 3 AlasannyaIDN Times/Ramadani Barus

Davi mengatakan kesulitan pertama adalah permasalahan izin. Tidak semua orang, terlebih yang masih hidup bersedia mukanya dicontoh dan dibentuk menjadi ondel-ondel, apalagi, Raisa.

“Bisa dipesan muka Raisa cuman kalau kita bikin model kayak gitu harus bilang sama orang ononye, bilang sama orangnya. Apalagi orangnya masih hidup, dan biasanya yang dibikin muka (ondel-ondel) itu orangnya udah gak ada. Kalau orang masih hidup gak mau,” kata Davi dengan logat khas Betawi saat ditemui di Blok G, Balai Kota Jakarta, Senin (5/3).

2. Menyangkut masalah kepercayaan

Pembuatan Ondel-ondel Berwajah Raisa Sulit Direalisasikan, Ini 3 AlasannyaAntara Foto

Muka seseorang yang dibentuk menjadi ondel-ondel, menurut Davi, juga bisa bermakna berhala, yang memiliki makna negatif. Davi tidak menjelaskan panjang lebar mengenai hal ini.

“Gini, karena bagaimana pun juga Ondel-ondel menyerupai patung. Patung itu identik, kalau kata orang kita itu berhala. Jadi gak semua orang mukanya mau dibikin kayak patung,” kata dia, tersenyum.

Baca juga: Ternyata Ada Unsur Mistik di Balik Dandanan Meriah Ondel-ondel!

3. Waktu pembuatan memakan waktu lama

Pembuatan Ondel-ondel Berwajah Raisa Sulit Direalisasikan, Ini 3 AlasannyaAntara Foto

Masalah lain adalah butuh waktu yang lama untuk membuat cetakan atau pahatan muka Raisa menjadi ondel-ondel.

“Waktunya agak lama karena molding-nya mesti kita bikin ulang. Karena itu cetakan. Itu resin. Kalau mau langsung kayak muka gitu diukir dari kayu. Proses dua tiga minggu lebih,” sebut dia.

4. Harga Ondel-ondel berwajah Raisa berbeda dengan biasanya 

Pembuatan Ondel-ondel Berwajah Raisa Sulit Direalisasikan, Ini 3 AlasannyaAntara Foto

Davi menolak berbicara ketika ditanya berapa harga pembuatan Ondel-ondel dengan wajah Raisa. Ia mengatakan hal itu bisa dibicarakan secara personal karena terdapat perbedaan harga untuk artis dengan orang biasa.

“Relatif, kalau harga jangan di-publish lah. Ngomong langsung aje. Jadi harga orang biasa sama artis kan beda, gitu ceritanye,” ujar Davi.

Baca juga: Promosikan Asian Games 2018, Sandiaga Usulkan Ondel-ondel Berwajah Raisa

Topik:

Berita Terkini Lainnya