Pasca Kebakaran Hebat, Warga Taman Kota Mulai Bangun Lagi Tempat Tinggal Mereka

Membangun dengan dana sendiri, mereka enggan dipindahkan ke rusun

Jakarta, IDN Times - Yono (38) sedang mengaduk semen untuk membangun kembali rumahnya yang terbakar Kamis (29/3) lalu di Taman Kota, Kembangan, Jakarta Barat.

“Iya, ini rumah saya yang dulu terbakar. Sekarang mau dibangun lagi,” katanya kepada IDN Times, Sabtu (14/4).

1. Yono sudah sejak 1986 tinggal di Taman Kota

Pasca Kebakaran Hebat, Warga Taman Kota Mulai Bangun Lagi Tempat Tinggal MerekaIDN Times/Helmi Shemi

Yono sudah sejak tahun 1986 tinggal di Taman Kota. Ia membuka rumah makan gudeg yang lokasinya tidak jauh dari rumahnya. Saat kebakaran terjadi, ia sedang bekerja di rumah makannya dan mendapat kabar dari salah seorang karyawannya yang berada di rumahnya.

“Lagi jualan eh anak buah bilangin ada kebakaran,” katanya. Saat itu kata Yono, api sudah mulai merambat dan hampir mengenai tempat tinggalnya.

Baca juga: Kebakaran Taman Kota: Dua Warga Jadi Korban Tewas

2. Hanya sempat menyelamatkan penanak nasi

Pasca Kebakaran Hebat, Warga Taman Kota Mulai Bangun Lagi Tempat Tinggal MerekaSisa-sisa kebakaran. IDN Times/Helmi Shemi

Yono bersama karyawannya lalu berusaha menyelamatkan barang yang ada, namun tidak banyak. Salah satu barang yang diingatnya diselamatkannya adalah penanak nasi. Ia bersyukur menyimpan surat-surat berharga di tempat lain.

Satu hal yang membuatnya kecewa karena pada pagi harinya ia baru belanja kebutuhan dagang seperti daging, sayur dan telur.

“Surat aman karena simpan tempat lain. Kulkas gitu sama baju kebakaran. Perabot semua habis kecuali yang di bawa ke warung. Rp6 juta habis karena waktu belanja pagi hari semua disimpan di rumah. Telor, daging, sayur, itu semua masukin ke kulkas, ludes,” jelasnya.

3. Membangun lagi rumahnya dengan uang pribadi

Pasca Kebakaran Hebat, Warga Taman Kota Mulai Bangun Lagi Tempat Tinggal MerekaIDN Times/Helmi Shemi

Pria asal Solo ini sudah 2 hari terakhir membangun kembali rumahnya menggunakan uang pribadinya. Ia mengungkapkan ada bantuan dari panitia berupa uang tunai, namun belum dibagikan, entah apa alasannya.

“Bangun (rumah) lagi pakai dana sendiri hasil jualan gudeg. Katanya ada dana dari panitia berupa uang, tapi gak tau sampai sekarang belum turun (uangnya). Kadang ada barang bantuan yang dijual,” ungkapnya.

Yono tidak sendiri, beberapa warga juga terlihat kembali membangun rumahnya yang habis dilahap si jago merah itu. Mereka mulai memasang batako sebagai pondasi dan juga ada yang sudah membuat lantai dari semen rumah.

4. Enggan dipindah ke rusun

Pasca Kebakaran Hebat, Warga Taman Kota Mulai Bangun Lagi Tempat Tinggal MerekaIDN Times/Helmi Shemi

Yono ogah dipindah ke rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Rawa Buaya atau Jatinegara sebagai hunian baru mereka. Satu alasan yang ia kemukakan adalah karena memiliki usaha di sekitar Taman Kota.

“Saya belum begitu minat, karena ada usaha di sini. Repot kalau dipindah, apalagi kalau nanti di taruh lantai 3 atau yang atas,” kata Yono.

5. Kebakaran yang menewaskan dua orang

Pasca Kebakaran Hebat, Warga Taman Kota Mulai Bangun Lagi Tempat Tinggal MerekaIDN Times/Helmi Shemi

Kebakaran di kawasan tersebut terjadi pada Kamis sekira pukul 18.52 WIB. Terdapat dua orang korban meninggal dunia dan dua orang petugas pemadam kebakaran yang mengalami luka bakar. Total jumlah rumah yang hangus terbakar adalah 109 dari 400 pintu rumah semi permanen.

Baca juga: Cerita Anies soal Korban Kebakaran Taman Kota yang Bikin Kita Melongo

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya