Kunjungan Kerja ke Turki, Ini yang Dibahas Anies Baswedan

Pemerintah Istanbul menyambut baik rencana pemerintah Jakarta

Jakarta, IDN Times – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja ke Istanbul, Turki, Minggu (22/4). Di sana ia bertemu dengan Wali Kota Istanbul Mevlut Uysal dan membahas sejumlah hal. Apa saja?

1. Transportasi massal

Kunjungan Kerja ke Turki, Ini yang Dibahas Anies BaswedanANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga

Di hadapan Mevlut, Anies menegaskan komitmennya untuk belajar dari Istanbul tentang pengelolaan armada minibus.

Baca juga: Hore! LRT Ditargetkan Beroperasi Bulan Juli

2. Peraturan penggunaan air

Kunjungan Kerja ke Turki, Ini yang Dibahas Anies BaswedanIDN Times/Helmi Shemi

Hal kedua yang dibahas adalah peraturan penggunaan air atau restrukturisasi air untuk Jakarta ke depannya.

“Pemprov DKI Jakarta akan mengirimkan tim yang secara langsung mempelajari tentang armada (minibus) dan tim restrukturisasi air yang akan belajar secara langsung pengalaman dengan Istanbul,” kata Anies melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (23/4).

3. Dukungan pemerintah Istanbul

Kunjungan Kerja ke Turki, Ini yang Dibahas Anies BaswedanHumas Pemprov DKI

Rencana tersebut disambut baik oleh Mevlut yang tertuang dalam penandatanganan Minutes of Agreement antara Istanbul dan Jakarta. Mevlut mengatakan Pemerintah Kota Istanbul siap berbagi ilmu dengan Pemprov DKI Jakarta.

“Pemerintah Istanbul siap memberikan ilmunya tentang restrukturisasi air, pengelolaan armada minibus hingga dan permasalahan teknis lainnya untuk dipelajari dengan Jakarta," tandas Mevlut.

4. Pertukaran budaya

Kunjungan Kerja ke Turki, Ini yang Dibahas Anies BaswedanHumas Pemprov DKI

Selain transportasi massal dan restrukturisasi air, Anies juga menyoroti rencana pertukaran budaya antara Istanbul dan Jakarta. Ia melihat kedua memiliki potensi pariwisata budaya yang kaya.

“Istanbul sedang merancang pertukaran budaya dengan kota-kota yang mempunyai populasi di atas 10 juta jiwa dan Jakarta termasuk di dalamnya," sebut Anies.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Anies juga berkesempatan meninjau lokasi pariwisata budaya Galata Tower di Istanbul yang usia bangunannya sudah mencapai 1.600 tahun.

“Yang menarik dari pengelolaan wisata budaya di Galata Tower adalah orisinalitasnya tetap terjaga, tapi aksesnya dipermudah. Hal tersebut terlihat dari orang yang datang bisa merasa seperti berada di situasi masa lalu,” pungkas Anies.

Baca juga: 5 Pesan Menyentuh Anies dalam Peringatan 2 Tahun Penggusuran Kampung Akuarium

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya