Ketua DPRD Sayangkan DKI Lepas Saham Bir, Ini Jawaban Sandiaga

Nilai keuntungan perusahaan bir mencapai Rp 38 miliar per tahun

Jakarta, IDN Times – DPRD DKI menyayangkan keputusan pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno melepas 26.25 persen kepemilikan saham bir di PT Delta Djakarta. 

1. Besarnya keuntungan dari perusahaan bir

Ketua DPRD Sayangkan DKI Lepas Saham Bir, Ini Jawaban Sandiaga  ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Prasetio Edi Marsudi termasuk pihak yang tidak setuju. Ia menyebut dividen atau keuntungan PT Delta Djakarta sebesar Rp 38 miliar per tahun menjadi alasannya.

“Saya menyayangkan keputusan itu. Mengingat perusahaan tersebut telah memberikan dividen cukup besar setiap tahunnya. Dan berkontribusi terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah). Sayang sekali ya kalau sampai dilepas sahamnya,” kata Prasetio saat dikonfirmasi wartawa, Kamis (17/5).

Baca juga: 5 Fakta Mengejutkan Al Hidayah: Pesantren yang Didirikan Mantan Narapidana Terorisme

2. Penjelasan Sandiaga soal keuntungan dari penjualan perusahaan bir

Ketua DPRD Sayangkan DKI Lepas Saham Bir, Ini Jawaban Sandiaga  IDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga sendiri mengaku sudah mencoba berkali-kali menghubungi Prasetio. Ia ingin menjelaskan kepada Prasetio keuntungan dari penjualan saham PT. Delta. Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ini menargetkan dividen atau keuntungan Rp 1 triliun.

“Saya ingin jelaskan bahwa dividen yang diterima terakhir sekitar Rp 38 miliar, sedangkan nilai yang saya bidik dengan tim di atas Rp 1 triliun. Perlu waktu sekitar 50 tahun untuk kita mencapai angka Rp 1 triliun yang time value of money-nya karena ini kan tiap tahun kalau dihitung di depan 10, 15, 20 tahun ke depan itu panjang,” jelas Sandiaga.

“Sedangkan ini kan ada time value of money sedangkan sekarang kita bisa gunakan dana tersebut buat begitu banyak  pembangunan yang bisa dirasakan masyarakat langsung,” imbuhnya.

3. Keputusan penjualan saham bir harus dibahas bersama DPRD

Ketua DPRD Sayangkan DKI Lepas Saham Bir, Ini Jawaban Sandiaga  IDN Times/Helmi Shemi

Meski Anies-Sandi yakin DPRD akan setuju dengan penjualan saham PT. Delta, Prasetio menyatakan penjualan itu harus dibahas bersama DPRD terlebih dahulu dalam rapat paripurna.

“Jadi kalau ada keputusan dari paripurna itu, ada alasan dan aturan yang kuat untuk melepas saham tersebut,” ucap Prasetio.

Sementara itu Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta, Santoso lebih lanjut mengatakan dalam penjualan saham PT Delta itu akan membutuhkan peraturan daerah (Perda) yang baru.

“Iya dong (butuh Perda). “Berupa Perda. Kita mendirikan Perumda (Perusahaan Umum Daerah)perusahaan patungan terus Persero kan Perda,” kata Santoso.

Baca juga: Selama Ramadan, Pemprov DKI Gelar Buka Bersama 223 RW

 

 

 

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya