Jokowi Dinilai Bisa 2 Periode Versi Survei Poltracking Indonesia

Semangat Pak!

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai akan mampu melanjutkan pemerintahannya berdasarkan temuan hasil survei Poltracking Indonesia.

Hasil survei itu menunjukkan sebesar 59,8 persen masyarakat Indonesia setuju jika Jokowi menjadi Presiden dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

"25,7 persen menyatakan tidak setuju dan 14,5 persen tidak tahu atau tidak menjawab. Data ini menyatakan bahwasa publik percaya dengan masa depan Indonesia di periode pemerintahan berikutnya di bawah kepemilikan Presiden Joko Widodo," Kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Minggu (26/11).

Baca juga: Jokowi Minta Setya Novanto Ikuti Proses Hukum

Jokowi Dinilai Bisa 2 Periode Versi Survei Poltracking Indonesiajawapos.com

Hasil survei itu juga merinci beberapa alasan kenapa masyarakat setuju jika Jokowi kembali menjadi presiden.

Yang paling besar adalah Jokowi dinilai Presiden Pro Rakyat sebesar 44,2 persen, diikuti alasan pembangunan infrastruktur yang cepat sebesar 27,1 persen. 

"Alasan lain adalah rakyat dinilai lebih sejahtera, kondisi ekonomi membaik, dan Jokowi dihormati bangsa lain," papar Hanta. 

Jokowi Dinilai Bisa 2 Periode Versi Survei Poltracking IndonesiaIDN Times/Helmi Shemi

Bagi masyarakat yang kontra Jokowi, mereka menilai Jokowi kurang bisa memperbaiki kondisi ekonomi sebesar 37,2 persen dan Jokowi dikendalikan partai politik 19,6 persen. 

Alasan lain ketidaksetujuan masyarakat Jokowi menjadi Presiden di Pilpres 2019, lebih pada Jokowi tidak tegas memimpin, kurang mendukung umat Islam, kurang berhasil membawa kiprah Indonesia di dunia serta Jokowi juga dipandang kurang berhasil menegakkan hukum. 

Survei Poltracking ini dilakukan pada 8-15 November 2017 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 2400 responden dengan margin of error +/2% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel survei menjangkau 34 provinsi se-lndonesia secara proporsional. 

Baca juga: 67,9 Persen Masyarakat Indonesia Mengaku Puas Kinerja Jokowi-JK

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya