Jelang Asian Para Games 2018, Sandi Ingin Jakarta Ramah Difabel

Harus ada sinergi antara Pemprov dan warga DKI

Jakarta, IDN Times – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berharap Jakarta menjadi kota yang ramah bagi penyandang difabel pada tahun 2018. Pasalnya 10 bulan lagi atau tepatnya pada 6-13 Oktober 2018 Jakarta bakal menggelar Asian Para Games 2018.

“Temen-temen difabel saya ingin dua hal. Satu persiapan maksimal dan DKI bagian sentral Para Games ke depan. Kita akan bantu INAPGOC (Indonesia 2018 Asian Para Games Organizing Committee) untuk capai persiapan baik venue. Kita canangkan DKI ramah difabel 2018. Kita harus gerak cepat, kita pasti bisa,” ujar Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Kamis (28/12).

Asian Para Games sendiri adalah acara perlombaan internasional yang ditujukan bagi para atlet penyandang difabilitas. Ada 43 negara anggota Asian Paralympic Committee yang mengikuti acara ini dan 3000 atlet. Beberapa lomba yang dipertandingkan adalah memanah, atletik, badminton, catur, renang, judo, tenis meja, basket kursi roda, voli kursi roda dan tenis kursi roda.

Baca juga: Resmikan Pertanian Urban, Ini Harapan Sandiaga

“Indonesia menerima kepercayaan sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018 dengan rasa bangga dan komitmen besar. Hal ini juga merupakan kesempatan besar bagi Jakarta untuk dapat memberikan warisan bagi masyarakatnya akan pemahaman mengenai kesamaan hak dalam beraktivitas bagi seluruh kalangan masyarakat,” kata Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari.

Menanggapi kepercayaan ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta bakal melakukan ini:

1. Pastikan dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 

Jelang Asian Para Games 2018, Sandi Ingin Jakarta Ramah DifabelANTARAFOTO/Maulana Surya

Sandiaga memerintahkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono dan Kepala Badan Kepegawaian DKI Jakarta, Agus Suradika untuk mempersiapkan sebaik mungkin fasilitas dan atlet dari Jakarta yang akan mengikuti Asian Para Games.

“Prof Suradika agar merekrut difabel agar ada kesetaraan. Fasilitas kita audit semua. Kita turunkan tim, pastikan fasilitas audit dan libatkan semua. Elemen masyarakat dan peduli teman difabel. Kita harus gunakan kesempatan untk jadikan full inspiring spirit. Kita ternyata harus dorong semangat seperti temen difabel menjadi prestasi sejauh mungkin,” ujar Sandiaga.

2. Sosialisasikan ke masyarakat

Jelang Asian Para Games 2018, Sandi Ingin Jakarta Ramah DifabelANTARAFOTO/Fikri Yusuf

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini pun berharap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKDP) dapat mensosialisasikan acara ini kepada masyarakat agar semakin banyak dukungan mengalir.

“Saya ingin beri arahan SKPD. Respon dan teruskan sosialisasi Asian Para Games. Targetnya sebanyak-banyaknya, road map harus disiapkan. Saya ingin RT RW demam Asian Para Games,” ujar Sandiaga.

3. Melibatkan warga Jakarta

Jelang Asian Para Games 2018, Sandi Ingin Jakarta Ramah DifabelANTARAFOTO/Izaac Mulyawan

Sandi mengatakan warga Jakarta perlu dilibatkan untuk membantu meningkatkan antusiasme terhadap Asian Para Games 2018.

"Kita respons positif dengan mengedukasi warga. Karena ini adalah momentum yang baik. Ini adalah momentum Jakarta sebagai kota yang ramah difabel," tuturnya.

Baca juga: Tanggapi Kebijakan Baru Lalu Lintas Tanah Abang, Ini 3 Catatan Dari Polda Metro Jaya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya