Jangan Salah Jalan, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Tahun Baru

Cek dahulu sebelum tahun baruan

Jakarta, IDN Times - Bentuk nyata memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, aparat keamanan menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan.

1. Arus lalu lintas akan ditutup  

Jangan Salah Jalan, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Tahun BaruIDN Times/Helmi Shemi

Akibatnya, sejumlah arus lalu lintas akan mengalami penutupan dan pengalihan arus lalu lintas.

Seperti di jalan Taman Monumen Nasional (Monas), sepanjang jalan Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), MH Thamrin (Bundaran HI), jalan Majapahit (sisi Timur, Simpang Harmoni s.d Simpang Medan Merdeka Utara), jalan Veteran 3 hingga jalan Medan Merdeka Selatan (sisi Utara dan Selatan).

Sementara itu, kawasan jalan Jenderal Sudirman (arah Selatan – Utara untuk jalur cepat akan ditutup mulai dari depan simpang fly-over Prof. Dr Satrio/Casablanca sampai dengan Dukuh Atas.  Sedangkan jalur lambat ditutup mulai simpang Dukuh Atas/BNI 46).

Kemudian jalan Budi Kemuliaan, Kebon Sirih (Simpang Jembatan Serong sampai dengan Simpang jalan Agus Salim/Sabang), jalan Wahid Hasyim (Simpang jalan Mas Mansyur hingga Simpang jalan Agus Salim/Sabang).

Penutupan jalan akan dilakukan mulai Minggu (31/12) pukul 17.00 WIB hingga Senin (1/1) dini hari.  

Penutupan dimaksud untuk mengkondisikan sekaligus mensterilkan lokasi acara dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara.

2. Bebas dari kendaraan

Jangan Salah Jalan, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Tahun BaruANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Penutupan jalan juga berlaku untuk semua kendaraan termasuk sepeda. Kecuali bagi petugas serta delman dan gerobak pedagang kaki lima.

3. Ada jalur alternatif 

Jangan Salah Jalan, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Tahun Barualimoel.wordpress.com

Tidak perlu khawatir oleh adanya penutupan ruas jalan tersebut. Mengingat petugas sudah menyiapkan sejumlah jalan alternatif pengalihan lalu lintas.

Seperti arah Harmoni yang akan menuju ke selatan, dialihkan melalui jalan Juanda – Lapangan Banteng – jalan Pejambon – jalan Ridwan Rais dan seterusnya.

Bagi kamu yang melintas dari arah Semanggi dan akan menuju ke Utara, akan dialihkan melalui jalan Karet Pasar Baru Timur atau jalan Galunggung dan seterusnya.

4. Bingung parkir kendaraan dimana? 

Jangan Salah Jalan, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Saat Tahun Barudapurpacu.com

Jika anda membawa kendaraan dan bingung untuk memarkirkannya, ada lokasi yang sudah disediakan. Yakni di IRTI Monas, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng dan Parkir Timur Senayan.

5. Ada bus yang tetap beroperasi

Kamu juga dapat menggunakan transportasi berupa bus TransJakarta yang telah disiapkan, agar lebih mudah menjangkau tempat acara. 

Yakni bus TransJakarta Koridor 1 (Blok M – Kota) dan Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni) tetap dapat melintasi rute operasinya seperti biasa.

Topik:

Berita Terkini Lainnya