Ini Penyebab Puluhan Rumah Terendam Banjir di Jatipadang Jakarta Selatan

Banyak rumah dibangun di atas sungai

Jakarta, IDN Times - Pascamelakukan 'blusukan' di lokasi banjir di Kali Pulo, Jatipadang, Jakarta Selatan pada Rabu(13/12) pagi, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akan melakukan beberapa perbaikan untuk mencegah banjir dilokasi tersebut.

"Masalah besarnya adalah penyempitan sungai. Kita lihat sungainya makin kecil, sempit dan hilang," kata Anies kepada wartawan usai menelusuri kawasan tersebut.

"Saat kita jalan tadi, tahu-tahunya sudah tidak ada kalinya, karena ditutup oleh jalan. Kondisi perumahan juga nempel semua. Ini hulu masalahnya," imbuh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini.

Baca juga: Anies Tuding Tiga Hal Ini Sebabkan Jakarta Banjir

Ini Penyebab Puluhan Rumah Terendam Banjir di Jatipadang Jakarta Selatan IDN Times/Helmi Shemi

 

Untuk menangani masalah itu, Anies akan melakukan pengecekan debit air di Setu Babakan yang bermuara ke Jatipadang untuk nantinya bisa dikurangi tanpa membebani daerah lain.

"Dalam jangka pendek ini, kita pastikan tanggul-tanggul di sekitar sungai. Dan akan kita cek di hulunya," ujar Anies.

Selain itu, bersama  Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan, Lurah, Camat dan Walikota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Anies akan melakukan diskusi bersama warga yang rumahnya berada di atas bantaran sungai. 

"Kita akan mulai mereview lahan-lahan di sekitarnya. Kita bahas bersama, rumah ini bukan sekedar bertentangan dengan aturan," ucapnya.

Ini Penyebab Puluhan Rumah Terendam Banjir di Jatipadang Jakarta Selatan IDN Times/Helmi Shemi

Namun Anies belum bsia memastikan apakah bangunan tersebut nantinya akan dibongkar atau tidak. "Nanti kita lihat semua langkahnya," sebutnya.

Sementara untuk tanggul Jatipadang yang jebol dan sedang diperbaiki, Anies mengatakan untuk sementara tanggul akan ditinggikan untuk mencegah luapan air, sehingga menimbulkan banjir bagi warga sekitar.

"Dalam jangka pendek, itu bukan berarti solusi permanen. Kalau memang tinggikan dulu. Tapi solusi permanennya kita lihat yang sesuai dgn prinsip prinsip environmentally friendly. Jadi solusi jangka panjangnya harus bersahabat pada lingkungan," tandasnya.

Baca juga: Tinjau Lokasi Banjir Jatipadang, Anies Heran Lihat Kondisi Tanggul

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya