Google Maps Sediakan Fitur 'Ganjil-Genap' untuk Pengendara Mobil

Kini gak akan kejebak sistem ganjil-genap lagi deh!

Jakarta, IDN Times - Tidak hanya memberikan fitur terbaru berupa Rute Khusus Motor, Google Maps juga memberi fitur baru bagi pengendara mobil, yakni fitur 'ganjil-genap'.

"Fitur ini untuk meningkatkan mobilitas masyarakat Indonesia dengan memperbaiki kemudahan berlalu lintas bagi pengendara mobil," kata Vice President Product Management  Google Dane Glasgow di SCBD, Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (20/3).

1. Sistem ganjil-genap untuk pengendara mobil

Google Maps Sediakan Fitur 'Ganjil-Genap' untuk Pengendara MobilIDN Times/Helmi Shemi

Pemerintah Indonesia, khususnya DKI Jakarta dan beberapa kota, lain telah menerapkan sistem ganjil-genap untuk mengurai kemacetan. 

Bagi kamu pengendara mobil tentu akan sulit mencari jalan kalau nomor plat kamu tidak sesuai. Namun sekarang tidak lagi, Google akan mempertimbangkan sistem ganjil-genap agar kamu tidak diprit polisi karena sistem ganjil-genap ini. 

Baca juga: Google Maps Tambahkan Fitur Baru, Kamu yang Tak Mau Menyesal Wajib Tahu!

2. Bagaimana caranya? 

Google Maps Sediakan Fitur 'Ganjil-Genap' untuk Pengendara MobilIDN Times/Helmi Shemi

Kamu cukup masuk ke aplikasi Google Maps seperti biasa dan ketik area tujuan kamu. Di bagian banner di bawah transportasi pilihan yang kamu gunakan, kamu hanya tinggal memilih apakah plat kendaraan kamu ganjil atau genap. 

"Buka Google Maps, cari jalan lewat ganjil genap. Apakah plat kamu genap atau ganjil. Misal Grand Indonesia lalu klik. Nanti diatur di bannernya. Map akan mengarahkan kamu ke jalan yang sesuai," Product Marketing Manager, Google Indonesia Sasha Sunu. 

3. Google Maps juga menyediakan informasi car free day 

Google Maps Sediakan Fitur 'Ganjil-Genap' untuk Pengendara MobilIDN Times/Helmi Shemi

Bukan hanya di Jakarta, Google Maps juga menyediakan fitur untuk mengetahui jadwal car-free day di 30 kota di seluruh Indonesia. 

"Sehingga tidak akan mengarahkan kamu melalui rute yang ditutup bagi kendaraan bermotor," kata Dane. 

Baca juga: Perkenalkan Fitur Terbaru Google Maps: Rute Khusus Motor

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya