Gerindra-Demokrat Sindir Pembagain Sertifikat Tanah Berfoto Jokowi, Ini Kata PDIP

Buat apa ada foto Jokowi, ya?

Jakarta, IDN Times - Partai oposisi pemerintah, Gerindra dan Demokrat kompak menyindir pembagian sertifikat tanah oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi kepada masyarakat. Sebab, pada sertifikat tersebut diselipkan pesan dan foto orang nomor satu di Indonesia itu.

1. Demokrat: masyarakat yang simpati bisa jadi antipati

Gerindra-Demokrat Sindir Pembagain Sertifikat Tanah Berfoto Jokowi, Ini Kata PDIPIDN Times/Helmi Shemi

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo tidak sepakat dengan cara Jokowi membagikan sertifikat tanah secara cuma-cuma kepada masyarakat, terlebih disisipkan foto kepala negara. Sebab, hal itu justru membuat masyarakat yang awalnya simpati terhadap Jokowi dapat berubah menjadi antipati.

“Pembagian sertifikat ke masyarakat. Gak perlu pakai foto, ditempel di sertifikat. Jadi untung gak dicetak tapi diselipkan. Ini bisa bahaya karena yang tadi simpati bisa antipati,” kata Roy di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4).

Baca juga: Sisa 1 Tahun Menjabat, Ini 3 Kekurangan Jokowi Menurut Gerindra

2. Gerindra: Jokowi tidak percaya diri

Gerindra-Demokrat Sindir Pembagain Sertifikat Tanah Berfoto Jokowi, Ini Kata PDIPIDN Times/Helmi Shemi

Sementara, sindiran selanjutnya dilontarkan Ketua DPP Partai Gerinda Ahmad Riza Patria. Dia menilai apa yang dilakukan Jokowi tidaklah baik dan mencerminkan ketidakpercayaan diri Jokowi.

“Foto dalam sertifikat menandakan Pak Jokowi tidak PD (percaya dir). Kami meyakini pada saatnya 2019 memang perlu diganti dan Insyaallah Prabowo penggantinya,” ucap Riza.

3. PDIP membantah Jokowi memasang foto dirinya

Gerindra-Demokrat Sindir Pembagain Sertifikat Tanah Berfoto Jokowi, Ini Kata PDIPIDN Times/Indiana Malia

Menjawab kritikan tersebut, politikus PDIP Masinton Pasaribu membantah Jokowi sengaja menyelipkan foto dirinya. Ia menilai foto Jokowi yang dimasukkan ke dalam sertifikat tanah itu kemungkinan adalah ulah menteri atau dirjen terkait.

“Itu bukan kerjaan Jokowi, kemana-mana dia gak pernah nempelin gambar. Bisa jadi menteri yang bersangkutan atau dirjen, ya,” kata Masinton.

4. Penempatan foto di sertifikat tanah merugikan Jokowi

Gerindra-Demokrat Sindir Pembagain Sertifikat Tanah Berfoto Jokowi, Ini Kata PDIPANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Perbuatan memasukkan foto Presiden ke dalam sertifikat tanah, yang dibagikan secara cuma-cuma itu dinilai telah merugikan Jokowi.

”Itu merugikan Pak Jokowi. Saya yakin bukan kerjaan Jokowi,” tutur Masinton.

Baca juga: PKS dan Demokrat Nantikan Cawapres Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya