Dukung Aksi Bela Palestina, Anies-Sandi Belum Pasti Datang

Aksi Bela Palestina akan berlangsung di Monas

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mendoakan agar Aksi Bela Palestina yang akan diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat, besok, Minggu 17 Desember, berjalan lancar.

"(Saya) doakan agar perjuangan Palestina berhasil, dan dukung ikhtiar yang sudah dilakukan umat, baik oleh Pak Presiden Jokowi," kata Anies di Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (16/12).

Anies mengapresiasi langkah Jokowi yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Rumeli Hall Lutfi Kirdar International Convention and Exhibition Center, Istanbul, Turki, Rabu 13 Desember lalu.

Menurut Anies, kehadiran Jokowi di forum tersebut menegaskan sikap Pemerintah Indonesia yang mengecam Amerika Serikat (AS) yang mengakui Yerusalem adalah Ibu Kota Israel, menggantikan Tel Aviv.

Dukung Aksi Bela Palestina, Anies-Sandi Belum Pasti DatangIDNTimes/Fitang Adhitia

"Pak Presiden terbang khusus ke Istanbul menghadiri OKI, dan menunjukkan sikap posisi pemerintah Indonesia yang tegas. Saya berharap kita semua mendukung, ikut menjaga sama-sama agar ikhtiar pemerintah Indonesia yang sudah amat baik ini bisa berhasil," kata dia.

Baca juga: [Kaleidoskop 2017] Vonis Ahok Hingga 4 Pemimpin Jakarta dalam Setahun

Meski demikian, Anies mengaku belum dapat memastikan kehadiran pada aksi tersebut. "Belum tahu," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Senada dengan Anies, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendukung pernyataan Presiden Jokowi yang membela Palestina. Dia menyebut Aksi Bela Palestina dapat menyatukan seluruh masyarakat Indonesia.

"Tidak memandang suku, tidak memandang ras, etnis, tidak memandang agama, kita bersama Pak Jokowi, mendukung Palestina," tegas dia, pada kesempatan terpisah di RPTRA Kalijodo, Jakarta.

Dukung Aksi Bela Palestina, Anies-Sandi Belum Pasti DatangIDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga mengaku pada pagi hari akan mengikuti acara lari pagi dan pada pukul 09.00 WIB, ia juga harus menghadiri undangan Maulid Nabi.

"Jadi kebetulan nanti rencananya dari lari UMKM Forwakop terus lari ke Monas. Dari Monas nanti lihat seperti apa, tapi jam 9 udah ada undangan Maulid juga, jadi nanti mepet enggak tahu, saya sendiri belum terima undangannya," ungkap Sandiaga.

Sementara, berdasarkan agenda Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies akan membuka acara Uji Emisi Kendaraan Bermotor Gratis di Jalan Benyamin Sueb, Jakarta, pada pukul 07.30 WIB, dan melanjutkan acara peletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Muhammadiyah Jakarta di Jagakarsa.

Pada pagi hari, Sandiaga akan memberikan sambutan pelepasan peserta Forwakop-SME 5K Run 2017 sekaligus pengibaran bendera start di halaman depan Gedung Kementerian KUKM, dilanjutkan acara Fun Walk Cinta Laut dan Pentas Budaya Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di Silang Monas Barat sebelum menuju Masjid Baitul Mujahirin di Duren Sawit, Jakarta Timur, untuk menghadiri Maulid Nabi.

Baca juga: Gempa Buat Penghuni Apartemen di Jakarta Barhamburan

Topik:

Berita Terkini Lainnya