Kaitkan Bom di Surabaya dengan Politik, Cuitan Fadli Zon Dikritik Warganet

Bagaimana pendapatmu mengenai cuitan tersebut?

Jakarta, IDN Times – Di saat perhatian publik terpusat ke peristiwa ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon malah membuat cuitan yang menuai kritik dari warganet. 

Pada awalnya, cuitan Fadli adalah untuk mengutuk aksi terror bom tersebut. Namun, belakangan, Fadli justru menduga dampak dari peristiwa pemboman ini akan menyudutkan umat Muslim. 

“Saya ikut mengutuk tindakan teror di lokasi 3 gereja di Surabaya. Itu tindakan biadab dan pengecut. Turut berduka cita pada para korban,” tulis Fadli di akun Twitter-nya, Minggu (13/5).



Apa saja isi cuitan lain dari Fadli yang menuai kritik dari publik?

1. Minta kasus segera diusut, Fadli singgung kasus Novel dan Mako Brimob

Kaitkan Bom di Surabaya dengan Politik, Cuitan Fadli Zon Dikritik WarganetANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Dalam cuitannya yang kedua, Fadli meminta agar aksi terror ini segera diungkap, termasuk pelaku dan dalangnya. Ia lalu menyinggung kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan yang hingga saat ini belum ketahuan siapa dalangnya. Ia khawatir peristiwa serupa juga akan menimpa pemboman di tiga gereja ini. 



Fadli juga menyinggung terror yang terjadi di Mako Brimob.

 

Baca juga: Tim Gegana Jinakan Dua Bom Aktif di Gereja GPPS Arjuno

2. Fadli ingatkan peristiwa pemboman tidak mencerminkan ajaran Islam

Kaitkan Bom di Surabaya dengan Politik, Cuitan Fadli Zon Dikritik WarganetLOKASI KEJADIAN. Salah satu lokasi kejadian peledakan bom di gereja GPPS Arjuno, Surabaya. Foto oleh Juni Kriswanto/AFP

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu kemudian mengatakan aksi teror di Surabaya tidak mencerminkan ajaran agama Islam. Sebab, sering kali dampak dari peristiwa pemboman itu, Islam justru disudutkan karena para pelaku mengusung ajaran agama tersebut yang gak benar. 

 

3. Masyarakat harus waspada upaya adu domba

Kaitkan Bom di Surabaya dengan Politik, Cuitan Fadli Zon Dikritik WarganetBARANG BUKTI. Pihak kepolisian mengumpulkan barang bukti dari tempat kejadian perkara peledakan bom. Foto oleh Juni Kriswanto/AFP

Dalam cuitan keempatnya, Fadli menambahkan agar masyarakat waspada terhadap upaya adu domba.

 

4. Ribuan netizen membalas dan mengkritik cuitan Fadli Zon

 
Kaitkan Bom di Surabaya dengan Politik, Cuitan Fadli Zon Dikritik WarganetIDN Times/Margith Juita Damanik

Kontroversi muncul di cuitan ketujuh Fadli. Ia menulis aksi terorisme biasa berkembang di negara yang lemah pemimpinnya dan terjadi ketimpangan serta ketidakadilan.

 

Cuitan itu langsung mengundang reaksi warganet, hingga saat ini sebanyak 3.700 lebih cuitan balasan mengkritik Fadli Zon. Rata-rata menyatakan keberatan karena cuitan Fadli gak pas dengan situasi duka pasca terjadi pemboman di tiga gereja di Surabaya. 

 

Ada pula yang mengaitkan Partai Gerindra sebagai partai yang justru memperlambat pembahasan RUU Terorisme. Sikap tersebut justru disayangkan warga net, karena dianggap bertentangan dengan upaya pemerintah untuk memberantas kejahatan terorisme.

 

Ada juga yang mengaku ikhlas kalau Ketua DPR mengganti posisi Fadli sebagai Wakil Ketua.

Baca juga: Teror Bom Surabaya, Ini Analisa Pengamat Terorisme soal 'Pengantin' Wanita



 

Topik:

Berita Terkini Lainnya