Begini Rencana Libur Sekolah saat Penyelenggaraan Asian Games

Sudah siap agenda liburan selama Asian Games?

Jakarta, IDN Times - Pemerintah kembali mengungkapkan keseriusan rencana meliburkan sekolah pada saat pelaksanaan Asian Games 2018 yang akan dimulai Agustus mendatang.

1. Mengurangi waktu tempuh atlet ke GBK

Begini Rencana Libur Sekolah saat Penyelenggaraan Asian GamesANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Rencana libur sekolah itu sebagai salah satu rekayasa lalu lintas agar atlet dari mancanegara dapat menjangkau Gelora Bung Karno (GBK) dalam waktu 34 menit. Sebab, selama penyelenggaran test event Asian Games, waktu tempuh atlet dari wisma atlet ke GBK mencapai 60 menit.

“Ada rekayasa traffic dan kemungkiman siswa dan murid sekolah untuk belajar di rumah atau tukar hari libur. Semua kemungkinan akan dicapai target jadi 34 menit,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Senayan, Jakarta, Senin (19/2).

Baca juga: Bisa Jadi Koleksi, Ini Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018

2. Rekayasa lalu lintas tol dan non-tol

Begini Rencana Libur Sekolah saat Penyelenggaraan Asian GamesAprilio Akbar/ANTARA FOTO

Sementara, rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan adalah rekayasa di jalan tol dan non-tol. Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menambahkan, lalu lintas yang akan direkayasa adalah di sekitar Senayan.

“Pertama rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan. Baik rute melalui tol maupun non-tol. Kemudian yang kedua adalah pengaturan jumlah traffic yang melewati daerah itu terkait dengan kegiatan belajar dan kegiatan kerja,” ujar Anies.

3. Pemerintah masih pikirkan jadwal libur

Begini Rencana Libur Sekolah saat Penyelenggaraan Asian Gameshalloriau.com

Asian Games akan dimulai selama 14 hari dari 18 Agustus hingga 2 September 2018. Pada waktu tersebut juga terdapat beberapa hari libur selain akhir pekan seperti Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus.

“Kemarin dicatat bahwa selama 14 hari ini, adalah sembilan hari kerja, lima hari adalah hari libur, tiga hari long weekend, dua hari weekend. Tambah Idul Adha,” kata Anies.

“Dari 14 hari Asian Games, enam hari ada liburnya. Jadi yang tentu diperbaiki itu hanya dlapan hari yang perlu direkayasa,” kata JK.

4. Anies janji akan segera umumkan soal rekayasa lalu lintas dan libur sekolah

Begini Rencana Libur Sekolah saat Penyelenggaraan Asian Gamesantarafoto.com

Anies mengatakan hingga saat ini rekayasa lalu linta dan rencana libur sekolah belum dibahas secara matang. Ia berjanji begitu semua sekenario rekayasa selesai, maka akan diumumkan kepada publik.

“Kita sedang mematangkan sekarang sampai betul-betul semua sekenario lengkap, termausk mengatur kegiatan belajar mengajar. Jadi pada saat ini masih dibuat rekayasa-rekayasanya dan kemudian kita akan umumkan. Beberapa eksperimen sedang berjalan sekarang untuk mengetahui berapa lama waktu sesungguhnya yang paling optimal," kata Anies. 

Baca juga: 3 Masalah Yang Harus Diperbaiki Jelang Asian Games

Topik:

Berita Terkini Lainnya