Ikut Bantu Bersihkan Sampah, Anies Enggan Pakai Sarung Tangan

Padahal bahaya lho Pak, banyak kumannya!

Jakarta, IDN Times – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan ikut aksi bersih-bersih sampah di Teluk Jakarta, Senin (19/3). Masih mengenakan seragam dinas, Anies turun langsung memungut sampah. Ia bahkan melakukannya tanpa sarung tangan.

“Ini kebanyakan sampah plastik semua,” serunya memperlihatkan sampah yang diambilnya di Kawasan Hutan Mangrove Ecomarine Muara Angke, Senin (19/3).

1. Sulit jika menggunakan sarung tangan

Ikut Bantu Bersihkan Sampah, Anies Enggan Pakai Sarung TanganIDN Times/Helmi Shemi

Anies mengatakan dirinya bertanya kepada Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kenapa tidak menggunakan sarung tangan. Petugas menjawab sarung tangan justru akan menyulitkan pengambilan sampah.

“Tadi saya tanya dengan mereka juga, menggunakan kaos tangan justru sulit dengan mereka bekerja. Jadi akhirnya dikerjakan dengan ini (tangan kosong),” jelasnya.

Baca juga: Luhut Sebut Sampah Teluk Jakarta Bisa Bikin Kuntet

2. Tidak bisa pakai garpu sampah

Ikut Bantu Bersihkan Sampah, Anies Enggan Pakai Sarung TanganIDN Times/Helmi Shemi

Selain sarung tangan, Anies juga bertanya kenapa PPSU kenapa tidak menggunakan garpu sampah. Kepada wartawan, Anies menjelaskan penggunaan garpu sampah ternyata tidak efektif.

“Saya coba (tanya)’Kenapa gak pakai garpu?’ Kalau dimasukkan garpunya gak bisa diangkat, jadi malah kekunci," katanya.

3. Pastikan mencuci tangan 

Ikut Bantu Bersihkan Sampah, Anies Enggan Pakai Sarung TanganIDN Times/Helmi Shemi

Agar tidak terinfeksi kuman penyakit, Anies mengatakan dirinya dan PPSU akan mencuci tangan setelah mengangkut sampah. Ia memastikan ada obat dan alat pembersih yang cukup.

“Nanti kita cuci tangan, mau tidak mau. Kami akan pastikan ada obat-obatan untuk mencuci sehingga mereka tidak terkontaminasi,” ucap Anies.

Baca juga: Warga DKI Buang 7.000 Ton Sampah Tiap Hari, Anies Siap Pasang Jaring di Sungai

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya