Anies Baswedan: Jakarta Siaga Banjir!

Lebih dari 450 pompa disiagakan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengontak Wali Kota Bogor Bima Arya melalui sambungan telepon pada Senin (5/2). Keduanya membahas ketinggian air di Katulampa.

Dalam pembicaraan tersebut, Bima Arya menjelaskan kondisi bendungan Katulampa yang telah siaga satu dengan ketinggian air mencapai 240cm.

"Katulampa itu pada posisi 220 cm dan per saat tadi kita bicara angkanya 240 cm," kata Anies kepada awak media di Balai Kota Jakarta, Senin (5/2).

1. Pernah terjadi 5 tahun lalu

Anies Baswedan: Jakarta Siaga Banjir!IDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Kondisi siaga 1 Katulampa ini menurut Anies pernah terjadi pada 5 tahun lalu. Dari penelusuran IDN Times, pada 2013 debit air di Katulampa juga mencapai 220-240 cm di bulan Januari dan Maret. 

"Menurut laporan beliau kondisi ini terjadi terakhir kali terjadi di Katulampa adalah tahun 2013. Jadi di Bogor sana hari ini per tadi ada 13 titik banjir di Bogor. Jadi dengan informasi itu kita yang di Jakarta harus mengantisipasi," ungkap Anies. 

Baca juga: Longsor di Jalur Puncak, Dua Jalur Ditutup

2. Anies imbau warga Jakarta siaga banjir 

Anies Baswedan: Jakarta Siaga Banjir!Antara Foto/Dedhes Anggara

Dengan kondisi seperti ini, Anies memprediksi dalam 9 jam banjir akan melanda Jakarta. Ia pun mengimbau warga untuk selalu siaga banjir. 

"Bila kondisi konstan, maka dalam 9 jam akan sampai di titik-titik pusat Jakarta. Menurut proyeksi terakhir saya baru saja berbicara dengan Kepala Dinas Sumber Daya Air diperkirakan pukul 1 siang air akan sampai di wilayah Jakarta. Jadi, mungkin akan lebih awal dari yang diproyeksikan," jelasnya. 

3. Ini yang diperbuat oleh Pemprov DKI 

Anies Baswedan: Jakarta Siaga Banjir!Antara Foto/Rivan Awal Lingga

Beberapa upaya menanggulangi banjir dilakukan pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Seperti memastikan aliran hilir aman dan pompa berfungsi dengan baik 

"Per jam ini, di hilir sudah disiapkan lebih dari 20 pompa mobile yang siap bergerak kapan saja. Pompa stasioner di hilir lebih dari 200 dalam kondisi siaga, siap untuk memompa air bila ada masalah. Seluruh pompa kita lebih dari 450 pompa dalam kondisi siaga dan lebih dari 30 mobile pompa yang bisa bergerak leluasa saat ini di posisikan stand by di titik-titik seperti di Cililitan, Balai Kambang, Bukit Duri, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu," kata Anies.

Baca juga: Waspada: Banjir Jakarta Diprediksi Datang Dalam 9 Jam ke Depan

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya