Anies Baswedan Ajak Siswa-siswi Menanam Padi

Anak zaman now dianggap tak lagi mengerti proses dari padi menjadi nasi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berencana mengajak siswa-siswi sekolah untuk menjadikan sawah milik Pemprov DKI Jakarta yang terletak di Jalan Inspeksi Cakung, Jakarta Timur sebagai sarana pembelajaran, mulai dari bercocok tanam hingga memanen. 

Ide ini berawal dari gagasan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat melakukan panen raya di awah tersebut pada Selasa (23/1) pagi. 

1. Cocok tanam di sawah Pemprov DKI 

Anies Baswedan Ajak Siswa-siswi Menanam PadiFoto Humas DKI

Anies Baswedan berharap sawah yang ada di kota dapat dimanfaatkan untuk keperluan edukasi siswa-siswi. Anies pun akan mengajak Kepala Sekolah dan mengomunikasikan dengan Dinas Pendidikan serta Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) tentang rencana yang akan dilaksanakan bulan depan ini saat proses tanam.

"Lalu saya juga akan mengajak pada kepala-kepala sekolah nanti kerja sama dengan KPKP untuk bisa datang ke sini menanfaatkan sebagai alat pembelajaran. Pada saat tanam itu kita akan berikan kesempatan sekolah-sekolah untuk mengajak anak-anaknya ikut menanam padi disini," kata Anies. 

Baca juga: 5 Alasan Kuat Anies Harus Kembalikan Becak Beroperasi di Jakarta

2. Bulan Mei panen raya 

Anies Baswedan Ajak Siswa-siswi Menanam PadiFoto Humas DKI

Anies juga ingin siswa-siswi sekolah dapat memanen hasilnya yang diperkirakan akan dilaksanakan pada Mei 2018. Kegiatan memanen digagas Anies karena saat ini kebanyakan anak hanya tahu proses dari beras menjadi nasi. 

"Banyak dari anak-anak kita tahunya beras udah jadi nasi. Apalagi menyadari proses itu karena kita hidup di kota besar sebagian sudah tidak lagi melihat arena pertanian yang luas. Kesadaran soal proses persiapan untuk pangan tidak selalu ada di anak-anak kita," jelas Anies. 

3. Akan segera beri instruksi 

Anies Baswedan Ajak Siswa-siswi Menanam PadiIDN Times/Humas DKI Jakarta

Untuk merealisasikan rencana ini, Anies akan segera mengomunikasikan dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. "Mudah-mudahan jadi arena, satu manfaat untuk lahan pangan, kedua juga untuk pembelajaran. Nanti langsung kita beri instruksi," kata Anies. 

Baca juga: Ada Sawah di Jakarta, Anies Baswedan Gelar Panen Raya

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya